Kompas.com - 03/06/2015, 11:19 WIB
Deputi V Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Kemenpora Gatot S Dewa Broto. Dok. TribunnewsDeputi V Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Kemenpora Gatot S Dewa Broto.
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) ikut bersuara terkait pengunduran diri Sepp Blatter dari kursi Presiden FIFA. Menurut kementerian yang dipimpin Imam Nahrawi tersebut, Blatter seharusnya tak perlu mengikuti pemilihan presiden FIFA pada 29 Mei 2015 lalu.

Blatter mengumumkan pengunduran dirinya dalam konferensi pers di markas FIFA, Zurich, Swiss, Selasa (2/6/2015). Alasannya, ia mengaku tak mendapat dukungan cukup dari publik. [Baca: Isi Surat Pengunduran Diri Blatter]

Melalui pernyataan yang diunggah Kepala Komunikasi Publik Gatot S Dewa Broto, Kemenpora mengapresiasi putusan Blatter itu.

"Pengunduran diri Sepp Blatter itu hendaknya menjadi pelajaran bagi seluruh pejabat FIFA dan para anggota federasinya untuk juga harus responsif secara bijak jika menghadapi sorotan atas berbagai kasus yang ada tanpa harus menunda-nunda waktu pengunduran diri," bunyi pernyataan tersebut.

"Idealnya Sepp Blatter dulunya tidak perlu mencalonkan diri sebelum Kongres FIFA bulan Mei 2015 lalu, tetapi itu tidak mungkin karena merupakan haknya. Namun, pengunduran dirinya saat ini paling tidak hanya memberi beban tambahan pada FIFA untuk mengadakan kongres lagi secepatnya daripada menangani sejumlah masalah lain yang lebih mendesak," lanjutnya.

Hanya saja, Kemenpora tak membahas hal baru terkait sanksi pencabutan keanggotaan FIFA terhadap Indonesia yang dijatuhkan pada 30 Mei 2015. Mereka cuma mengulang pernyataan pada 31 Mei 2015 perihal sejumlah kejanggalan dalam surat FIFA.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber kemenpora
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.