Kompas.com - 28/05/2015, 19:15 WIB
|
EditorJalu Wisnu Wirajati
JAKARTA, KOMPAS.com — Persipura Jayapura berkeyakinan bahwa surat Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) kepada Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) terkait polemik Piala AFC antara Persipura Jayapura dan Pahang FA takkan mendapatkan respons dari otoritas sepak bola tertinggi Asia itu. 

Polemik itu bermula dari pembatalan pertandingan babak 16 besar antara Persipura dan Pahang yang sedianya digelar di Stadion Mandala, Selasa (26/5/2015). Hal ini terjadi karena tiga pemain Pahang, yaitu Dickson Nwakaeme asal Nigeria, Zesh Rehman asal Pakistan, dan Domion Delano Stewart asal Jamaika, gagal mendapatkan visa masuk ke Indonesia.

Tak ayal, seluruh tim Pahang memutuskan langsung pulang ke Malaysia. Mereka kemudian menyalahkan PSSI, mengingat mereka dijanjikan oleh PSSI mendapat visa on arrival.

Kemenpora lantas berkorespondensi dengan AFC. Staf Khusus Kemenpora Bidang Pembudayaan Olahraga, Faisal Abdullah, menjelaskan bahwa pihaknya telah mengirimkan surat kepada AFC pada Rabu (27/5/2015). Dia menyatakan, Kemenpora bakal bantu melobi agar AFC menjadwalkan kembali pertandingan Persipura melawan Pahang.

Namun, Media Officer Persipura, Ridwan Madubun, mengaku yakin bahwa surat tersebut tidak akan ditanggapi oleh AFC. "Percuma Menpora kirim surat ke AFC. Sebab, AFC hanya berkomunikasi dengan federasi, dalam hal ini PSSI, dan kami sebagai klub," kata Ridwan di kantor Kemenpora, Kamis (28/5/2015).

Andai lobi Kemenpora gagal, Persipura terancam mendapatkan sanksi dari AFC. Yang paling nyata adalah kemungkinan dinyatakan kalah walk out, dan Pahang-lah yang berhak ke babak perempat final. 


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.