Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggotanya Ditangkap, FIFA Tetap Jalankan Kongres

Kompas.com - 27/05/2015, 19:45 WIB
Ary Wibowo

Penulis

Sumber Goal
ZURICH, KOMPAS.com - Juru Bicara FIFA Walter De Gregorio menegaskan, proses pemilihan Presiden FIFA periode 2015-19 pada Kamis (28/5/2015) akan tetap berlangsung meski enam anggota eksekutif FIFA ditangkap oleh kepolisian Swiss karena diduga terlibat dalam kasus pencucian uang.

Kepolisian Swiss menangkap keenam anggota itu di Hotel Baur au Lac, Zurich, Rabu (27/5/2015) dini hari waktu setempat. Mereka diduga terlibat kasus pencucian uang, pemerasan, dan penipuan transaksi selama 20 tahun terakhir, yang memiliki total nilai kasus lebih dari 100 juta dollar AS.

"FIFA menyambut proses ini dan FIFA akan bekerja sama secara penuh dengan otoritas hukum di Swiss dan Federal Office of Justice (FOJ) dan akan memberikan semua informasi yang dibutuhkan," ungkap De Gregorio.

"Saya ingin mengulang bahwa dalam kasus ini FIFA sebagai pihak yang dirugikan dan ini mengarah pada fakta bahwa tidak ada penggeledahan di kantor FIFA. Sekretaris Jenderal dan Presiden (Sepp Blatter) juga tidak terlibat."

"Tidak pernah ada gagasan untuk menunda kongres atau pemilihan presiden. Ini adalah hal yang tidak ada hubungannya. Oleh karena itu agenda serta pemilihan akan tetap berlangsung seperti yang sudah direncakanan," bebernya.

Menurut New York Times, keenam anggota FIFA yang ditangkap saat ini tengah menjalani proses interogasi di Kantor Jaksa Swiss. Mereka dikabarkan bakal diekstradisi ke Amerika Serikat karena kasusnya bakal dilimpahkan ke Kantor Kejaksaan di New York.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Goal
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com