Ini Komentar BOPI soal Kasus Pahang FA

Kompas.com - 25/05/2015, 19:17 WIB
AFC Cup Dok. AFCAFC Cup
|
EditorJalu Wisnu Wirajati
JAKARTA, KOMPAS.com — Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) enggan disalahkan terkait kasus kegagalan tiga pemain asing klub Pahang FA, Malaysia, yang tidak mendapatkan visa sehingga batal bertolak menuju Jayapura, Papua, untuk melakoni laga 16 besar Piala AFC melawan Persipura Jayapura di Stadion Mandala, Selasa (26/5/2015).

"BOPI bukan syarat utama untuk memberikan rekomendasi dan bukan syarat mutlak mendapatkan visa, hanya persyaratan dokumen," kata Ketua Umum BOPI Noor Aman, seperti dikutip dari Antara, Senin (25/5/2015).  

Tiga pemain Pahang FA yang tidak mendapatkan visa masuk ke Indonesia adalah Dickson Nwakaeme asal Nigeria, Zesh Rehman asal Pakistan, dan Domion Delano Stewart asal Jamaika. Tidak mendapatkan visa, klub Pahang FA ternyata memutuskan untuk kembali ke negaranya. Dengan demikian, pertandingan babak 16 besar Piala AFC 2015 di Stadion Mandala, Jayapura, Selasa (26/5/2015), dipastikan gagal.

Menurut Aman, ketiga pemain asing Pahang FA itu ternyata bukanlah dari negara yang memiliki fasilitas visa on arrival. Dengan demikian, untuk masuk ke Indonesia, mereka terlebih dahulu harus mendapatkan calling visa dan visa tersebut harus dibuat di Malaysia.

Noor Aman menyebutkan bahwa Sekjen PSSI Azwan Karim juga tidak memberikan jaminan kepada Pahang FA terkait dengan pengurusan visa on arrival di Imigrasi Jakarta. "Permasalahan ini tidak terkait pembekuan. Kemungkinan terbesar Azwan yang tidak tahu jika tidak bisa masuk lewat visa on arrival," kata pria dengan pangkat terakhir Mayor Jenderal TNI itu.

Terkait masalah rekomendasi, pihak BOPI mengaku sudah mengeluarkannya meski permintaan dari pihak Persipura Jayapura sangat mepet, yaitu Jumat (22/5/2015). Sempat terjadi kesalahan di surat tersebut, tetapi langsung direvisi.

Meski demikian, pihak BOPI mengaku akan melakukan komunikasi dengan AFC guna menjelaskan kronologi kejadian. Pihaknya berharap pertandingan babak 16 besar Piala AFC antara Persipura melawan Pahang FA bisa dijadwalkan ulang.

Selain Persipura, tim asal Indonesia yang akan turun di babak 16 besar adalah Persib Bandung. Tim yang berjuluk Maung Bandung itu akan berhadapan dengan klub Hongkong, Kitchee.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Antara
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X