Kompas.com - 23/05/2015, 12:30 WIB
Legenda AC Milan, Paolo Maldini. http://www.kickette.com/Legenda AC Milan, Paolo Maldini.
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

LIVERPOOL, KOMPAS.com — Bek kiri legendaris Italia, Paolo Maldini, menganggap kiprah Steven Gerrard bersama Liverpool serupa dengan rekannya di AC Milan, Franco Baresi.

"Yang selalu saya suka dari Steven (Gerrard) adalah ketenangannya saat berada di lapangan. Namun, ia tetap mampu menginspirasi semua rekan satu timnya dengan tidak banyak berbicara," ujar Maldini kepada LFCTV.

"Saya punya contoh lain yang serupa (Gerrard). Seseorang yang diam tapi mudah diikuti melalui perilakunya, dialah Franco Baresi," lanjut Maldini. 

Kepemimpinan Baresi dan Gerrard diakui Maldini pantas ditiru. "Mereka adalah contoh nyata. Steven dan Baresi lebih suka bertindak daripada berbicara. Itulah yang saya pelajari dari mereka. Gerrard memang salah satu yang memiliki bakat besar," tutur Maldini.

Maldini dan Gerrard memiliki kenangan yang tak terlupakan. Kedua pemain kelas dunia itu pernah saling berhadapan pada partai final Liga Champions, antara AC Milan melawan Liverpool, tanggal 25 Mei 2005, di Ataturk Olympic Stadium, Istanbul.

Pada babak pertama laga itu, AC Milan mampu unggul 3-0 melalui gol Maldini dan brace Hernan Crespo. Banyak yang mengira pertandingan itu akan berakhir dengan kekalahan Liverpool.

Akan tetapi, anggapan itu salah. Pada babak kedua, secara mengejutkan Liverpool berhasil menyamakan kedudukan menjadi 3-3 melalui gol yang dicetak oleh Gerrard, Vladimir Smicer, dan Xabi Alonso. Skor imbang bertahan selama 120 menit dan Liverpool menobatkan diri menjadi juara setelah menang adu penalti.

"Saya memiliki memori kuat tentang kekalahan kami (AC Milan) di Istanbul. Ketika itu, Gerrard membantu rekan satu timnya bertahan. Dia bermain di belakang dan melakukan tackle ke setiap pemain Milan," ulas Maldini.

Pada final 10 tahun lalu itu, posisi Gerrard pada babak kedua memang berubah. Dia bermain lebih ke "dalam" untuk membantu pertahanan, terutama sisi kanan. 

"Gerrard memberikan perbedaan terhadap timnya. Dia pun akhirnya dapat meraih hasil yang tak pernah diduga," kata Maldini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.