Iniesta, Anak Emas Derbi Catalan

Kompas.com - 26/04/2015, 22:23 WIB
Gelandang Barcelona Andres Iniesta (kiri) berebut bola dengan gelandang Espanyol Abraham, pada pertandingan Primera Division, di Cornella El Prat, Sabtu (25/4/2015). Laga itu berakhir 2-0 untuk Barcelona. AFP PHOTO / LLUIS GENEGelandang Barcelona Andres Iniesta (kiri) berebut bola dengan gelandang Espanyol Abraham, pada pertandingan Primera Division, di Cornella El Prat, Sabtu (25/4/2015). Laga itu berakhir 2-0 untuk Barcelona.
EditorTjatur Wiharyo

BARCELONA, KOMPAS.com - Dalam sejarah derbi Catalan, tak pernah ada pemain Barcelona yang menerima sambutan hangat di kandang Espanyol, Cornella El Prat, kecuali Andres Iniesta. Setidaknya, hal itu tampak dari sambutan hangat dari suporter Espanyol kepada Iniesta, pada lanjutan Primera Division, Sabtu (25/4/2015).

Pada laga yang bermain 2-0 untuk Barcelona itu, Iniesta bermain sebagai starter. Pada menit ke-88, Iniesta digantikan Xavi. Ketika Iniesta berjalan meninggalkan lapangan, suporter tuan rumah berdiri dan bertepuk tangan untuknya. Sambil berjalan, Iniesta membalas sambutan itu dengan bertepuk tangan untuk suporter "Blanquiazules".

Dani Jarque adalah benang merah "persahabatan" Iniesta dan suporter Espanyol. Iniesta adalah sahabat kapten Espanyol Dani Jarque, yang meninggal dalam usia 26 tahun karena serangan jantung pada Agustus 2009. Selama masa duka cita, Iniesta memberikan dukungan dan terlibat dalam semua kegiatan mengenang Jarque.

Suporter Espanyol membalas kebaikan Iniesta dengan bertepuk tangan untuknya dalam setiap derbi, termasuk yang diwarnai sejumlah kontroversi seperti pada derbi yang berlangsung Sabtu (25/4/2015). Dua pemain menerima kartu kuning kedua dari wasit Antonio Miguel Mateu Lahoz, yaitu bek Barcelona Jordi Alba (menit ke-54) dan bek Espanyol Hector Moreno (menit ke-90+1).

Sejumlah kalangan menilai keputusan Lahoz mengusir Alba berlebihan. Di sisi lain, Lahoz dinilai melakukan kesalahan yang menguntungkan Barcelona, yaitu tidak melihat situasi off-side dalam proses terciptanya gol kedua Barcelona, yang dicetak Lionel Messi pada menit ke-25.

"Aku sangat berterima kasih (untuk sambutan itu). Untuk sesaat, kami (Iniesta dan suporter Espanyol) bisa saling menyapa dan ini adalah sesuatu yang bisa kami kenang," ujar Iniesta, usai pertandingan.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Marca
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X