Kompas.com - 17/04/2015, 20:52 WIB
Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar (tengah). Dok. Liga IndonesiaManajer Persib Bandung, Umuh Muchtar (tengah).
|
EditorAloysius Gonsaga AE
SURABAYA, KOMPAS.com - Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar, membeberkan beberapa syarat yang harus dimiliki ketua umum PSSI periode 2015-2019. Menurut Umuh, ketua terpilih harus bisa menjaga relasi dengan pemerintah dan mengelola kompetisi.

Umum merupakan salah satu dari 107 pemilik suara di Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Surabaya, Sabtu (18/4/2015). KLB nanti bakal menentukan posisi ketua umum. Ada sembilan calon yakni Djohar Arifin, Joko Driyono, La Nyalla Mattalitti, Achsanul Qosasi, Benhard Limbong, Subardi, Muhammad Zein, Sarman dan Syarif Bastaman.

Ketika tiba di Hotel Marriott, Jumat (17/4/2015) sore, Umuh langsung diserbu wartawan dan diterpa pertanyaan ketua umum pilihannya.

"Saya ga akan bicara dulu dong. Ini rahasia. Nanti ada orang yang tersinggung. Terpenting, dia bisa memajukan persepakbolaan dan bersinergi dengan pemerintah," ujarnya.

Kemampuan menjalin relasi dengan pemerintah yang disebut Umuh bukan tanpa alasan. Hubungan PSSI dan pemerintah memang tengah memanas seiring keputusan Badan Profesional Olahraga Indonesia (BOPI) yang tak merekomendasikan Arema Cronus dan Persebaya Surabaya.

"Saya memohon kepada siapa pun yang terpilih agar bareng-bareng dengan pemerintah. Jangan berbenturan dengan pemerintah," tambah Umuh.

Selain itu, menurut Umuh, ketua terpilih juga butuh kemampuan mengelola kompetisi. "Betul yang bisa ngurus liga dan baik ke sana dan sini," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.