Prediksi Liga Inggris: Derbi Penentu Jatah

Kompas.com - 11/04/2015, 09:04 WIB
Markas Manchester United, Old Trafford. Premier LeagueMarkas Manchester United, Old Trafford.
EditorTjatur Wiharyo
BEIN SPORT Gita Suwondo

Oleh: Gita Suwondo
Gita Suwondo adalah beIN SPORTS Football Expert. Analisis Gita Suwondo untuk laga berikutnya pekan ini bisa disaksikan di beIN SPORTS 1

KOMPAS.com - “Saya sangat senang dengan penampilan tim. Biasanya kita menang jika tampil seperti ini. “ ungkap Manuel Pelegrini saat konferensi pers usai Manchester City mengalami kekalahan di Selhurst Park. Ini adalah kekalahan tandang keempat berturut turut The Citizen di semua kompetisi atau kekalahan tandang ketiga beruntun yang diderita Vincent Kompany dkk di Premier League.

Hasil ini membuat Pellegrini perlu berpikir soal "bekerja" di tempat lain. Peluang Manchester City untuk mempertahankan gelar semakin sulit. Bahkan jika tidak hati-hati, spot terakhir di zona Liga Champion bisa melayang, walaupun mereka masih berbeda 7 poin dari Liverpool dengan hanya sisa 7 laga lagi. Tapi hasil tandang yang buruk – terakhir anak asuhan Pelegrini ini mencatat kemenangan tandang dua bulan lalu di Brittania – membuat situasi sangat tidak menguntungkan, karena bayang-bayang kekalahan tandang berikutnya sudah mengintai di Old Trafford.

Ya, derby Manchester yang bisa jadi penentu jatah tiket Liga Champion. Memang, dalam tiga pertemuan terakhir di Old Trafford, City selalu menjadi pemenang. Bahkan pada saat United masih ditangani oleh Sir Alex Ferguson dan menjadi juara dua musim lalu. Tapi dari faktor kekinian, jelas Louis van Gaal berhasil membawa pasukannya pada penampilan yang trengginas akhir akhir ini. Sejak tersingkir dari piala FA ditangan Arsenal di Old Trafford, Wayne Roney dkk tancap gas di premier league. Tottenham Hotspur, Liverpool dan Aston Villa merasakan penampilan kelas satu United paska hengkangnya Sir Alex Ferguson. Hasil 100 % juga digapai oleh United dalam lima laga kandang terakhir di Old Trafford.

Semua statistik mengarah pada keunggulan United. Hanya historis yang agak berbelok ke Manchester City. Tapi seperti yang dikatakan oleh Pelegrini jika mereka bermain lepas seperti ketika menghadapi Crystal Palace biasanya mereka menang. Mungkin yang harus dilakukan oleh Pelegrini adalah sedikit pragmatis, bermain menunggu, seperti yang sukses dilakukan oleh Arsene Wenger saat berhadapan dengan tim-tim besar. Dengan United pasti akan keluar menyerang didepan pendukungnya sendiri, kontra strategi permainannya sendiri bisa menjadi satu satunya solusi Pelegrini untuk mengakhir hasil buruk akhir-akhir ini jika bertamu. Karena kemenangan atau setidaknya hasil imbang penting jika tidak ingin semakin didekati oleh Liverpool yang hanya menjamu Newcastle United dan Tottenham Hotspur yang memainkan laga relatif mudah menjamu Aston Villa.

Laga Derby Manchester ini akan sangat spesial bagi pemirsa beINSports karena akan ditayangkan langsung di beINSports 1 pada Minggu, 12 April pkl. 22:00 WIB, lengkap dengan komentari langsung dari Old Trafford oleh Pangeran Siahaan. MANCHESTER UNITED 55 – 45 MANCHESTER CITY

Premier League Markas Burnley, Turf Moor.

BURNLEY Vs ARSENAL
( LIVE beINSports 1, Sabtu, 11 April – pkl. 23:30 WIB )
Jika ditanya siapa tim yang sangat menonjol akhir akhir ini, jawabannya adalah Arsenal. Sejak kalah dari Tottenham Hotspur di White Hart Lane dan AS Monaco di Old Trafford, anak asuhan Arsene Wenger ini melaju dengan 10 kemenangan berturut turut di semua kompetisi. Rekor sembilan kemenangan berturut turut di Emirates dibukukan Per Mertesacker dkk ketika menggulingkan Liverpool minggu lalu. Rekor tandang juga luar biasa dengan 5 kemenangan beruntun di 3 kompetisi walaupun tidak cukup meloloskan mereka ke perempat final Liga Champion.

Tapi lolos ke semifinal piala FA dari sergapan Manchester United di Old Trafford, dan kemenangan beruntun di Selhurst Park, Loftus Road dan St James Park adalah gambaran bagaimana Arsene Wenger selalu bisa memanfaatkan laga tandang melawan klub klub yang ada dizona degradasi atau sedang berupaya keras menghindar dari posisi tiga terbawah klasemen itu. Dan kunjungan ke klub penghuni zona degradasi lainnya akhir minggu ini tampaknya akan kembali dimanfaatkan oleh The Gunners untuk tetap ada di urutan kedua klasemen sementara.

Anak asuhan Sean Dyche memang cukup mumpuni untuk berusaha berjuang keluar dari kemungkinan kembali ke Championship musim depan. Go Down Fighting selalu jadi motivasi Jason Shackell dkk setiap kali tampil akhir akhir ini. Tiga laga terakhir The Clarets mereka lalui dengan luar biasa. Mengalahkan Manchester City dan menahan imbang Tottenham Hotspur di Turf Moor mengapit kekalahan di St Mary menghadapi tuan rumah Southampton, dengan catatan bahwa penjaga gawang cadangan The Saints, Kelvin Davis harus melakukan dua penyelamatan bersih untuk mencegah Danny Inggs dan Sam Vokes mencetak gol.

Saat laga pertama kedua tim di Emirates dibutuhkan waktu 70 menit bagi Arsenal sebelum meriam The Gunners menyalak melalui dua gol Alexis Sachez dan satu gol Callum Chambers. November sudah lima bulan berlalu dan perubahan penampilan signifikan diperlihatkan kedua tim. Laga yang sarat dengan kepentingan ini akan memperlihatkan mampukah Olivier Giroud yang sudah mencetak 7 gol dalam 6 laga premier league terakhir bagi Arsenal mematahkan pertahanan berlapis didepan penajaga gawang Tom Heaton.

The Gunners jelas bukan Giroud seorang. Seluruh individu punya kemampuan memberikan solusi gol seperti yang mereka tunjukkan saat menghadapi Liverpool. Kini yang harus diwaspadai oleh Per Mertesacker, Laurent Koscielny dan Francis Coquelin adalah serangan balik Danny Inggs dkk yang biasanya sangat efektif di Turf Moor. BURNLEY 45 – 55 ARSENAL

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X