Kompas.com - 01/04/2015, 21:16 WIB
Salah satu ekspresi pelatih tim nasional Belanda Guss Hiddink, ketika menyaksikan pertandingan persahabatan antara timnya dan Meksiko, di Amsterdam ArenA, Amsterdam, Rabu (12/11/2014). Laga itu berakhir 3-2 untuk Meksiko. AFP PHOTO/Emmanuel DunandSalah satu ekspresi pelatih tim nasional Belanda Guss Hiddink, ketika menyaksikan pertandingan persahabatan antara timnya dan Meksiko, di Amsterdam ArenA, Amsterdam, Rabu (12/11/2014). Laga itu berakhir 3-2 untuk Meksiko.
EditorJalu Wisnu Wirajati
AMSTERDAM, KOMPAS.com - Guus Hiddink mengkritik sikap suporter Belanda yang mencemooh Andres Iniesta pada laga persahabatan melawan Spanyol, Selasa (31/3/2015).  Cemoohan itu terjadi saat Andres Iniesta masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-76. 
 
Cemoohan suporter Belanda itu cukup beralasan. Iniesta adalah pencetak gol tunggal kemenangan Spanyol pada laga final Piala Dunia 2010 melawan Spanyol. 
 
Kendati demikian, sikap suporter Belanda itu dikritik Hiddink. Pelatih De Oranje itu menilai, “Hal tersebut memalukan!” 
 
“Iniesta merupakan pemain kelas dunia dan individu yang luar biasa. Apakah ejekan itu lantaran gol Iniesta di Piala Dunia 2010?” ucap Hiddink. 
 
“Saya tak mengerti. Semua ini tentang keolahragaan. Apa yang salah dari Iniesta?” kata pelatih yang tengah disudutkan lantaran performa jeblok timnya sebelum laga melawan Spanyol. 
 
Pada laga tersebut, Belanda menang 2-0 atas Spanyol berkat gol Stefan de Vrij dan Davy Klaassen. Tekanan kepada Hiddink pun sedikit mengendur. 
 
“Saya tak merasa ada tekanan. Saya tak mau lagi ribut dengan media. Saya hanya ingin fokus soal sepak bola. Media selalu bisa membuat ceritanya sendiri,” ujar Hiddink lagi. 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Daily Mail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.