Kompas.com - 28/03/2015, 16:19 WIB
|
EditorCaroline Damanik

MALANG, KOMPAS.com - Saat berada di Malang, Jawa Timur, mantan pemain Manchester United, Park Ji-sung, berbagi inspirasi kepada generasi muda Indonesia yang ingin menjadi pesepak bola profesional kelas dunia. Menurut dia, siapa pun orangnya dan dari negara mana pun bisa menjadi pemain bola kelas dunia.

"Jika punya mimpi ingin menjadi pemain bola profesional kelas dunia, jangan pernah menyerah dan harus terus bekerja keras, hingga apa yang di cita-citakan tercapai," kata Park dalam jumpa pers acara program "Clear Ayo Indonesia Bisa Academy 2015", di Hotel Santika, Kota Malang, Sabtu (28/3/2015).

Menurut dia, anak-anak muda sangat berpeluang menjadi pemain sepak bola profesional kelas dunia.

"Awalnya, saya tidak menyangka bisa bermain di Manchester United. Saya mengira, hanya bisa bermain di kelas Asia," ungkapnya.

Namun, berkat kerja keras yang, dia mengatakan akhirnya mampu meraih apa yang dicita-citakannya.

"Kalau mau jadi pemain profesional, hati-hati dengan kelakuannya di luar dan di dalam lapangan. Yang utama dalam diri setiap adalah mental. Mentalnya harus dijaga. Tak hanya menjaga fisik saja. Tapi mental harus juga dijaga. Ingat, Kerja keras dan kerja keras," tambahnya kemudian.

Dia lalu menjelaskan bahwa acara "Clear Ayo Indonesia Bisa Academy 2015" yang digelar termasuk ajang positif untuk mengasah kemampuan para generasi muda yang ingin menjadi pesepak bola profesional. Dalam seleksi ini, dia mengaku ingin mencari pemain muda yang mau bekerja keras dan lihai di lapangan.

"Kuncinya, seperti apa bermainnya dan bagaimana cara bermain di lapangan. Itu yang akan saya cari. Karena hal itu adalah kunci sukses jadi pemain sepak bola. Motivasi dan pesan saya begitu," katanya.

Selain itu, lanjut Park, potensi seseorang untuk menjadi pemain bola profesional bisa dilihat pada kecintaannya akan sepak bola.

"Hal penting juga, seberapa cintanya pada sepakbola. Karena jika kecintaannya pada sepakbola luar biasa, semangat untuk belajar, latihan akan luar biasa," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.