Kompas.com - 28/03/2015, 15:38 WIB
|
EditorCaroline Damanik

MALANG, KOMPAS.com — Sebanyak 16 tim sekolah sepak bola (SSB) asal Bumi Arema, Malang, Jawa Timur, bakal bersaing untuk mengikuti seleksi tahap kedua atau babak Province Rounds untuk menuju Old Trafford, Manchester United, Inggris, Mei mendatang.

Seleksi pencarian bakat untuk pesepak bola itu adalah program dari Clear Ayo Indonesia Bisa Academy 2015. Malang merupakan kota kelima setelah Aceh, Jakarta, Bandung, dan Semarang.

"Seleksi untuk mencari bakat pemain sepak bola profesional pada usia muda ini untuk memilih pemain terbaik. Kami mencari pemain berbakat dari anak-anak Indonesia yang sudah usia 16-17 tahun," kata Senior Brand Manager Clear Johan Lie, dalam jumpa pers yang digelar di Hotel Santika, Kota Malang, Sabtu (28/3/2015).

Pemain muda berbakat yang lolos seleksi, lanjut Johan, akan mewakili daerah masing-masing menuju Old Trafford, Manchester United.

"Sebelas pemain akan mengikuti training di Old Trafford (markas) Manchester United selama sepekan pada Mei mendatang," katanya.

Untuk di Malang, seleksi akan digelar pada Sabtu hingga Minggu (29/3/2015) di Stadion Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang.

"Tiap tim akan bertanding dengan tim lainnya," katanya.

Dalam proses seleksi itu, penyelenggara melibatkan mantan pemain legendaris Manchester United asal Korea Selatan, Park Ji-sung, serta dua pelatih dari Manchester United Soccer School, Andrew Stokes dan Richard South.

"Ketiganya yang akan menyeleksi langsung para peserta," katanya.

Johan mengatakan, pihaknya memilih Park karena dia adalah pemain Asia pertama yang berhasil dan cemerlang berlaga di kompetisi Eropa melalui tim Manchester United.

"Park Ji-sung mengaku sebenarnya tidak pernah membayangkan bisa bermain di MU. Namun, berkat keseriusannya dan terus bekerja keras untuk menjadi pemain profesional kelas dunia, ia mampu menjadi pemain di MU," katanya.

Hal itu adalah bukti nyata yang dilakukan Park di dunia sepak bola.

"Pembuktian diri melalui keyakinan dan terus berjuang pada akhirnya akan membawa hasil maksimal dan memuaskan. Semua pemain punya kesempatan yang sama. Kalau ingin sesuatu dan kerja keras, maka akan bisa terwujud. Itu prinsip Park Ji-sung," tandas Johan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.