Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agen Xavi Bungkam soal Pindah ke Qatar

Kompas.com - 27/03/2015, 21:46 WIB
MADRID, Kompas.com - Agen Xavi Hernandez tidak berkomentar terhadap laporan-laporan bahwa gelandang Barcelona itu akan meninggalkan pemuncak klasemen Primera Division tersebut pada akhir musim untuk menandatangani kontrak menguntungkan dengan klub Qatar Al Sadd.

Xavi telah bermain untuk Barca sebanyak 751 kali sejak ia lulus dari akademi klub raksasa Liga Spanyol itu untuk masuk tim pertama pada 1998. Tetapi pada musim ini, pemain berusia 35 tahun tersebut mendapat banyak kesempatan bermain untuk klub besutan pelatih Luis Enrique.

Agennya, Ivan Corretja, mengatakan kepada Reuters pada Jumat (27/3/2015), bahwa ia tidak memiliki komentar terhadap laporan-laporan di media Spanyol, yang mengatakan bahwa Xavi telah menyetujui kontrak tiga tahun dengan Al Sadd yang bernilai 10 juta euro per musim dengan opsi untuk musim berikutnya.

Sebagai salah satu pemain paling berbakat sepanjang masa, Xavi menjadi salah satu pusaran gaya bermain tiki-taka di Barcelona dan timnas Spanyol yang mendulang banyak kesuksesan. Ia mewakili La Furia Roja sebanyak 133 kali, rekor bagi pemain non kiper dan hanya mampu dilampaui oleh kiper sekaligus kapten Iker Casillas, dan merupakan sosok kunci pada laju berkilau Spanyol ketika mereka menjuarai Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2008 serta 2012.

Xavi, yang memiliki tiga mahkota Liga Champions, tujuh gelar Primera Division, dan meraih sejumlah trofi bergengsi dengan Barca, melakukan debutnya untuk Spanyol pada pertandingan persahabatan melawan Belanda pada November 2000. Ia bermain pada empat Piala Dunia dan tiga Piala Eropa, dan memenangi 100 dari 133 penampilannya untuk negara Iberia tersebut, mengendalikan permainan dari posisi tengah, secara reguler memberi assist dan terkadang juga mencetak gol.

Penampilan terakhirnya untuk Spanyol adalah saat mereka kalah 1-5 dari Belanda pada pertandingan pembukaan Grup B pada Piala Dunia di Brasil pada Juni.

Al Sadd merupakan juara Liga Champions Asia pada 2011 dan juga berjaya di Kejuaraan Antarklub Asia pada 1989. Klub ini pun pernah diperkuat legenda Real Madrid, Raul Gonzalez, yang kini hijrah ke Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com