Kompas.com - 26/03/2015, 09:23 WIB
Pelatih tim nasional Brasil, Dunga. Dok. GoalPelatih tim nasional Brasil, Dunga.
EditorJalu Wisnu Wirajati

PARIS, KOMPAS.com - Jelang pertandingan persahabatan antara Perancis dan Brasil di Stade de France, Kamis (26/3/2015), Carlos Dunga terkenang memori di stadion final Piala Dunia 1998 itu. 

Dunga merupakan kapten Selecao di final Piala Dunia 1998. Berbeda dengan empat tahun sebelumnya, dia tak lagi mengangkat trofi Piala Dunia karena Brasil kalah 0-3 dari tuan rumah, Perancis. 

“Kekalahan selalu menyakitkan, terutama di final Piala Dunia,” ujar Dunga pada saat konferensi pers jelang pertandingan. 

“Namun, bagi saya, kekalahan di Piala Dunia 1990 lebih menyakitkan. Saat itu, seolah-olah segala tanggung jawab ditempatkan di depan pintu saya selama empat tahun,” lanjut dia. 

Kekalahan dari Argentina di perdelapan final Piala Dunia 1990 memang membuat seluruh skuad Brasil dicemooh sepulangnya dari Italia. Cemoohan itu baru reda kala Dunga dkk menjuarai Piala Dunia 1994. 

“Kami pun ingin memenangi gelar juara dunia pada 1998. Namun, sangat sulit menghadapi tuan rumah yang bermaterikan pemain-pemain hebat,” kata Dunga lagi. 

Soal timnya saat ini, Dunga melihat sudah bisa bangkit dari keterpurukan di Piala Dunia 2014 lalu, terutama saat kalah 1-7 dari Jerman di semifinal. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber GOAL
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.