Rayakan Nyepi, Penjaga Gawang Persib Pulang ke Bali

Kompas.com - 20/03/2015, 20:28 WIB
Kiper Persib Bandung, I Made Wirawan. Dok. Tribunnews.comKiper Persib Bandung, I Made Wirawan.
EditorAloysius Gonsaga AE
KOMPAS.com — Penjaga gawang Persib Bandung, I Made Wirawan, pulang ke kampung halamannya di Bali. Rencananya, dia akan merayakan Nyepi Tahun Baru Saka 1937 bersama keluarganya di Pulau Dewata, sebelum langsung bergabung dengan timnas Indonesia.

Made berharap, pada Nyepi tahun ini, dirinya dapat lebih baik lagi. Selain menjadi pribadi yang lebih baik, ia pun berdoa agar diberi kesehatan serta kebahagiaan untuk semua orang.

"Mudah-mudahan Tahun Baru Saka ini bisa menjadi orang yang lebih baik dan bisa lebih berprestasi dari tahun sebelumnya," kata Made, Jumat (20/3/2015), seperti dilansir dari situs resmi Persib.

Made mengaku, semenjak berkarier sebagai pemain sepak bola profesional, ia hanya dapat mengikuti perayaan puncak Nyepi saja. Sebelum hari raya Nyepi, terdapat beberapa rangkaian upacara yang dilakukan umat Hindu, khususnya di daerah Bali, yakni Melasti, Tawur (Pecaruan), dan Pengrupukan.

"Aku tidak bisa ikut semua rangkaian acara, jadi ikut pas hari Nyepi-nya saja. Memang semenjak main bola jarang bisa ikut karena jadwal padat," ucapnya.

Pemain bernomor punggung 78 ini mengaku merindukan arak-arakan ogoh-ogoh. Karya seni patung dalam kebudayaan Bali ini menggambarkan kepribadian Bhuta Kala.

"Paling, yang ditunggu, saat ramainya arak-arakan ogoh-ogoh malam sebelum Nyepi," ungkapnya.



Sumber Persib
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X