Kompas.com - 20/03/2015, 11:02 WIB
EditorJalu Wisnu Wirajati

MANCHESTER, KOMPAS.com - Manajer Manchester United, Louis van Gaal, menilai Wayne Rooney dan Michael Carrick punya potensi untuk menjadi pelatih atau manajer. 

“Rooney merupakan sosok yang selalu terbuka. Dia luar biasa,” puji Van Gaal soal kelebihan yang dimiliki kaptennya. 

Sebagai pria Belanda yang egaliter, Van Gaal meski tegas tetap mau mendengar pendapat orang lain. 

“Saya tak tahu apakah Rooney berbicara dengan istrinya Coleen soal sepak bola di rumah. Namun, di klub ini kami membiasakan budaya berbicara. Sebagian besar pemain di sini pun terbuka,” sambung Van Gaal. 

Selain Rooney, Carrick juga dianggap Van Gaal punya salah satu syarat untuk menjadi pelatih hebat. “Carrick selalu mau mendegar tentang bentuk dan sistem permainan sepak bola. Tidak semua pemain seterbuka itu,” sanjung mantan pelatih Ajax Amsterdam itu. 

Van Gaal secara tidak langsung sejumlah pemain-pemainnya secara taktik, filosofi, dan mentalitas. Beberapa di antara mantan anak didiknya di Ajax atau Barcelona kini telah beralih profesi menjadi pelatih. Sebut saja Luis Enrique atau Josep Guardiola. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Daily Mail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.