Kompas.com - 18/03/2015, 21:40 WIB
Logo Indonesia Super League (ISL) 2015. Dok. PT Liga IndonesiaLogo Indonesia Super League (ISL) 2015.
|
EditorAloysius Gonsaga AE

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Liga Indonesia sebagai operator Indonesia Super League (ISL) bersama tiga klub ISL bertemu dengan Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) di Bogor, Rabu (18/3/2015). Ketiga tim tersebut adalah Arema Indonesia, Persebaya Surabaya, dan PSM Makassar.

Mereka bertemu BOPI untuk membahas kelanjutan proses verifikasi. Sekretaris PT Liga Indonesia, Tigorshalom Boboy, menjelaskan, ketiga tim ini dipanggil BOPI karena banyak dokumen yang belum lengkap. Ketiga klub ini masuk kategori C atau kelengkapan di bawah 50 persen.

Adapun dokumen wajib yang diharuskan BOPI adalah legalitas klub serta keuangan dan kontrak profesional pemain serta pelatih. Semua dokumen harus dilengkapi klub, tapi kontrak pemain dan pelatih dapat dilengkapi secara bertahap. Setelah itu terpenuhi, BOPI akan mengeluarkan rekomendasi pelaksanaan ISL yang dijadwalkan bergulir pada 4 April 2015.

"Semua dokumen tiga ini sudah siap dan akan dijelaskan ke BOPI. Mengapa tiga tim ini yang dipanggil? Mereka masih banyak kurang melengkapi data," kata Tigor.

"Karena dokumennya di atas dua, kontrak, laporan pajak, dan laporan keuangan. Kalau Arema sama Persebaya dari aspek legalnya mereka," lanjutnya.

Setelah tiga klub ini, PT Liga Indonesia takkan memanggil pihak klub terkait masalah verifikasi. "Karena semuanya tinggal satu dokumen yang belum diserahkan. Kami berharap pekan ini sudah selesai," ujarnya.

"Kalau soal verifikasi bersama tanya mereka (BOPI) karena mereka yang menentukan. Kalau buat kami, sudah oke 80 persen," sambungnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.