Kesamaan Guardiola dan Enrique di Mata Xavi

Kompas.com - 12/03/2015, 05:47 WIB
Xavi Hernandez dan Luis Enrique AFPXavi Hernandez dan Luis Enrique
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

BARCELONA, KOMPAS.com - Xavi Hernandez telah merasakan diasuh sejumlah pelatih sepanjang kariernya bersama Barcelona. Menurut Xavi, ada dua pelatih yang memiliki gaya sepak bola serupa, yakni Pep Guardiola dan Luis Enrique.

Bukan rahasia lagi, Guardiola merupakan pelatih yang mengenalkan gaya tiki-taka bersama La Blaugrana. Namun, ciri tersebut sempat hilang saat Barcelona diasuh Gerardo Martino musim lalu. Nama terakhir kerap mengabaikan penguasaan bola dan menginstruksikan bola udara.

"Aku rasa, salah jika mengubah gaya Barcelona. Gaya, desain, dan DNA Barcelona tidak boleh hilang. Aku pikir, kami mendapatkannya kembali tahun ini," ucap Xavi.

"Pep mengikuti nalurinya di lapangan. Begitu juga Luis," lanjutnya.

Menilik curriculum vitae, Guardiola dan Enrique memang memiliki jalur karier mirip. Sebelum menangangi tim utama Barcelona, keduanya sempat mengasuh Barcelona B. Perbedaannya, Enrique sempat menangani klub lain sebelum kembali ke Barcelona.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X