Kompas.com - 24/02/2015, 06:04 WIB
EditorAloysius Gonsaga AE
KOMPAS.com - Cristiano Ronaldo terus menapaki tangga top scorer sepanjang masa Real Madrid. Satu gol yang dihasilkan ke gawang Elche ketika Los Blancos menang 2-0 dalam lanjutan Primera Division, Minggu (22/2/2015), membuat penyerang asal Portugal itu berada di peringkat ketiga pencetak gol terbanyak dalam sejarah Madrid.

Kini, mantan pemain Manchester United tersebut telah mengoleksi total 290 gol sejak dibeli Madrid pada musim 2009 dengan status pemain termahal di dunia - sebelum rekor pemain termahal ini dipecahkan Gareth Bale pada musim lalu. Dia menyamai pencapaian legenda Galacticos, Carlos Santillana.

Namun, yang menjadi pembeda nan mencolok dari Ronaldo dan Santillana adalah jumlah pertandingan yang dilakoni untuk mencapai jumlah gol tersebut. Santillana mencetak 290 gol dalam 645 pertandingan sejak melakukan debutnya pada 1971, sedangkan Ronaldo hanya dalam 281 pertandingan.

Dengan performanya yang menjanjikan ini, bukan mustahil Ronaldo bisa menggeser Alfredo di Stefano di peringkat kedua top scorer sepanjang masa di Santiago Bernabeu. Pasalnya, peraih tiga gelar Ballon d'Or ini sekarang hanya terpaut 17 gol dari Di Stefano, yang mengoleksi 307 gol dalam 392 penampilannya.

Untuk sementara, top scorer sepanjang masa Madrid dipegang Raul Gonzalez. Pangeran Santiago Bernabeu itu mengemas total 323 gol dalam 741 penampilannya bersama Los Blancos, sebelum meninggalkan klub raksasa Liga Spanyol ini pada 2010 untuk bergabung dengan Schalke 04.

Dalam laga melawan Elche, Karim Benzema yang membuka gol kemenangan Madrid pada menit ke-56, memanfaatkan assist Ronaldo. Setelah itu, giliran Ronaldo yang menjebol gawang tuan rumah melalui sundulan menyambut umpan silang Isco.

Tambahan satu gol tersebut membuat Ronaldo kian kokoh sebagai top scorer Primera Division dengan torehan 29 gol, unggul tiga dari Lionel Messi. Gol tersebut juga membuat peraih Ballon d'Or dalam dua musim terakhir ini mengoleksi total 38 gol sepanjang musim 2014-15.

- Daftar top scorer sepanjang masa Real Madrid

Raul: 323 gol dalam 741
Alfredo Di Stefano: 307 gol dalam 392 penampilan
Cristiano Ronaldo: 290 gol dalam 281 penampilan
Carlos Santillana: 290 gol dalam 645 penampilan
Ferenc Puskas: 242 gol dalam 262 penampilan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Dailymail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.