Kompas.com - 19/02/2015, 21:13 WIB
EditorAloysius Gonsaga AE
LONDON, Kompas.com - Luis Figo mengungkapkan rencananya jika terpilih sebagai Presiden FIFA pada bulan Mei mendatang. Mantan bintang Barcelona dan Real Madrid ini mengatakan bahwa jumlah peserta Piala Dunia akan ditingkatkan dari 32 saat ini menjadi 40 atau 48.

Rencana Figo ini tertuang dalam manifestonya, yang diluncurkan pada Kamis (19/2/2015). Dalam event tersebut yang dilangsungkan di Stadion Wembley, mantan pemain Inter Milan ini juga mengatakan bahwa sebagian besar persentasi pendapatan FIFA harus dipakai untuk pengembangan akar rumput.

"Saya yakin kita harus mempertimbangkan usulan untuk memperluas kompetisi menjadi 40 atau bahkan 48 tim di Piala Dunia," ujar Figo dalam jumpa pers.

"Kedua pilihan itu layak dengan tambahan tiga atau empat hari pertandingan di turnamen. Jika ekspansi ini dipakai, saya yakin tim-tim tambahan itu berasal dari negara non-Eropa."

Figo merupakan satu dari tiga kandidat yang siap menantang presiden saat ini, Sepp Blatter. Presiden Asosiasi Sepak Bola Belanda, Michael Van Praag, dan anggota komite eksekutif FIFA, Prince Ali Bin Al Hussein dari Yordania, juga ikut meramaikan bursa persaingan menuju orang nomor satu di FIFA.

Kongres FIFA akan digelar di Zurich, pada 29 Mei nanti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.