Jadi Target Jepang, Mantan Striker Real Madrid Ini Belum Mau Tinggalkan Qatar

Kompas.com - 18/02/2015, 23:20 WIB
EditorAloysius Gonsaga AE
TOKYO, Kompas.com - Michael Laudrup mengaku sangat tersanjung dengan keinginan Jepang merekrutnya sebagai pelatih tim nasional negara tersebut. Akan tetapi, mantan bintang sepak bola Denmark ini menegaskan bahwa dirinya tak akan meninggalkan jabatannya sebagai pelatih kepala juara Qatar, Lekhwiya, sebelum bulan Mei.

"Saya tahu ketertarikan Jepang tetapi... kami memiliki banyak pertandingan ke depan dan mereka menjadi prioritas utama saat ini," ujar Laudrup kepada Kyodo News, Rabu (18/2/2015).

"Ketika musim berakhir pada bulan Mei, saya akan berpikir tentang masa depanku. Bisa jadi di sini, di Lekhwiya atau di tempat lain."

Laudrup tak asing lagi dengan atmosfer sepak bola Jepang. Pasalnya, dia pernah bermain di klub Jepang Vissel Kobe menjelang akhir kariernya, setelah menjadi bintang sepak bola dunia bersama Barcelona, Real Madrid, Juventus dan Ajax Amsterdam.

Asosiasi Sepak Bola Jepang, JFA, mengatakan mereka ingin pengganti Javier Aguirre sudah ada pada 7 Maret nanti sehingga manajer baru bisa bertugas pada awal musim J-League. Dengan demikian, dia bisa mempercepat persiapan tim sebelum kualifikasi Piala Dunia yang mulai bergulir bulan Juni.

Sebelumnya, Jepang mengakhiri masa kerja Aguirre karena pelatih berkebangsaan Meksiko itu diduga terlibat skandal pengaturan skor di Spanyol. Meskipun belum terbukti, tetapi Jepang tak ingin mengambil risiko mempertahankannya.

Tanpa pelatih kepala, Jepang tak mau menunjuk pelatih sementara untuk pertandingan persahabatan melawan Tunisia dan Uzbekistan pada akhir Maret nanti. Nama Laudrup pun mulai dikaitkan, meskipun dia masih terikat kontrak satu tahun dengan Lekhwiya, yang dilakukan pada Juli tahun lalu.

Lekhwiya saat ini hanya tertinggal satu poin di belakang pemimpin klasemen sementara Al Sadd, dengan tujuh pertandingan tersisa di Stars League. Mereka juga akan memulai petualangan di Grup A Liga Champions Asia melawan wakil Iran, Persepolis, pada pekan depan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.