Kompas.com - 18/02/2015, 22:15 WIB
EditorAloysius Gonsaga AE
KOMPAS.com - Mantan pelatih Real Madrid, Fabio Capello, merasa klub yang bermarkas di Santiago Bernabeu itu patut khawatir dengan penurunan performa Cristiano Ronaldo dalam beberapa pekan terakhir. Tim medis pun harus memberikan perhatian yang serius kepada peraih tiga gelar Ballon d'Or itu.

Pemain internasional Portugal itu mengawali musim 2014/15 dengan sangat impresif karena bisa mengemas 25 gol hanya dalam 14 penampilan di ajang Primera Division. Tetapi pada awal tahun 2015 ini, grafik permainan Ronaldo menurun sangat drastis, bahkan tak mencetak gol dalam tiga pertandingan terakhir di Liga Spanyol.

Inilah yang membuat Capello ikut angkat bicara. Pelatih asal Italia tersebut mengatakan Madrid harus memperhatikan secara lebih serius tingkat kebugaran pemain bintang tersebut yang dibeli dari Manchester United pada tahun 2009.

"Ini masalah penting bahwa Ronaldo tak berada di level biasanya," ujar Capello kepada Al Primer Toque.

"Menjelang akhir 2014, Madrid sudah unggul bahkan sebelum pertandingan karena mereka memiliki Ronaldo. Ini tidak terjadi lagi."

"Staf medis Madrid harus terus memperhatikannya. Dia terlihat tidak fit 100 persen. Madrid harus menemukan masalahnya, karena ini mempengaruhi tim. Madrid sebaiknya berbicara dengan staf medis mereka untuk membicarakan bagaimana setiap pemainnya, termasuk tes darah."

"Namun Ronaldo masih pemain yang luar biasa dan saya yakin dia akan segera kembali ke permainan terbaiknya seperti biasa."

Soal kondisi kebugaran Ronaldo ini sempat menjadi masalah menjelang akhir musim lalu. Tetapi dia mengaku fit dan tampil di final Liga Champions untuk membawa Madrid menjadi pemenang, sebelum pergi ke Brasil memperkuat timnas Portugal di Piala Dunia 2014.

Di awal musim ini, Ronaldo langsung mengamuk dengan torehan total 36 gol dari 33 penampilannya bersama Los Blancos di semua kompetisi. Akan tetapi, sejak mengalami kesulitan di beberapa pertandingan terakhir, koleksi gol Ronaldo tak bertambah sehingga dia mendapat ancaman dari rival terberatnya, Lionel Messi. Striker Barcelona tersebut saat ini hanya terpaut dua gol dalam perburuan Sepatu Emas Eropa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Goal
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.