Kompas.com - 15/02/2015, 12:15 WIB
|
EditorAloysius Gonsaga AE
MANCHESTER, KOMPAS.com — Manajer Manchester United Louis van Gaal memastikan bahwa Wayne Rooney akan tetap bermain sebagai gelandang meski Van Gaal mengakui bahwa Rooney merupakan striker terbaik.

Sejak ditangani Van Gaal, Rooney lebih sering ditempatkan sebagai gelandang. Padahal, posisi asli Rooney adalah striker. Rooney merupakan pemain tersubur ketiga sepanjang sejarah Manchester United.

Van Gaal menilai, Rooney memiliki kemampuan untuk bergerak bebas di lapangan. Oleh karena itu, Van Gaal membutuhkan Rooney bermain sebagai seorang gelandang ketimbang striker yang kini dihuni Robin van Persie, Radamel Falcao, dan James Wilson.

"Rooney mungkin merupakan striker terbaik. Namun, saya sering menjelaskan bahwa proses pemilihan pemain dibuat bukan karena pemain tersebut tidak bagus," kata Van Gaal.

"Saya membandingkan dan melihat kontribusi terbesar yang bisa pemain berikan. Komposisi dalam tim tentu lebih penting ketimbang pemain secara individu," lanjut Van Gaal.

Van Gaal mengatakan, saat ini Manchester United membutuhkan tenaga Rooney sebagai pemain gelandang. Van Gaal mengaku akan mengembalikan Rooney sebagai striker jika memiliki gelandang yang dibutuhkan.

"Komposisi tim nasional Inggris saat ini memungkinkan Rooney bermain sebagai striker. Saya juga akan menempatkan Rooney sebagai striker jika saya menjadi pelatih timnas Inggris," kata Van Gaal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber ESPN FC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.