Kompas.com - 07/02/2015, 02:25 WIB
EditorTjatur Wiharyo

MANCHESTER, KOMPAS.com — Manajer Manchester United menyatakan akan mengajukan pembelaan berkaitan dengan gugatan dari Federasi Sepak Bola Inggris (FA) terhadap dirinya, yaitu menyampaikan komentar yang merusak reputasi wasit dan sepak bola.

Gugatan itu disampaikan FA melalui situs resminya, pada 4 Februari 2015, mengacu pada komentar Van Gaal setelah pertandingan pertama putaran keempat Piala FA melawan Cambridge United, di Cambridge, pada 23 Januari 2015. Saat itu, Van Gaal mengatakan, "Anda melihat wasit. Situasinya selalu sama. Di mana pun saya melatih, dan saya telah melatih sepak bola di klub lain, situasinya selalu sama."

Menurut Van Gaal, ia mengatakan, hal itu berdasar pengalaman dan menilai tak ada yang salah dengan pernyataannya itu. Ia pun mengaku tak percaya bahwa dirinya digugat FA karena pernyataannya itu.

"Sampai saat ini, menurut saya, saya tak mengatakan sesuatu yang salah. Saya mengatakan frase yang sama dalam konferensi pers, karena saya sangat mengerti bahwa segalanya menguntungkan tim underdog. Selalu seperti itu," ujar Van Gaal.

"Saya mengatakan sebelum dan sesudah pertandingan, dengan hanya dalam artian bahwa itulah yang perasaan semua orang (bahwa tim kecil mendapatkan dukungan, ketika melawan tim besar). Saya tak membayangkan FA menggugat saya, tetapi keadaannya memang seperti itu."

"Ya, tentu (saya akan mengajukan pembelaan). Saya tak pernah mengatakan sesuatu yang salah. Saya tak pernah mengatakan sesuatu soal wasit. Tidak pernah," tandasnya.

Berdasar pernyataan FA, Van Gaal punya waktu untuk mengajukan banding hingga Senin (9/2/2015) pukul 18.00 waktu setempat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Sky Sports
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.