Kompas.com - 05/02/2015, 11:02 WIB
Rencana Stadion Baru AC Milan AC Milan via TwitterRencana Stadion Baru AC Milan
EditorTjatur Wiharyo

MILAN, KOMPAS.com - AC Milan mengumumkan pada Selasa (3/2/2015) rencana membangun stadion yang akan menjadi markas baru mereka, menggantikan Stadion Giuseppe Meazza (San Siro), yang juga dipakai rival mereka, Inter Milan. Milan memperkirakan sudah bisa menggunakan markas baru itu paling cepat pada 2018.

Salah satu masalah memiliki stadion bersama bagi Milan adalah soal ekonomi. Dengan berbagi jatah bermain dengan Inter, Milan tak bisa mengembangkan sejumlah rencana bisnis berkaitan dengan brand mereka. Oleh karena itu, Milan merancang konsep stadion yang berpotensi meningkatkan pendapatan mereka secara finansial.

Rencana itu antara lain membangun kompleks stadion yang dilengkapi hotel, sekolah olahraga, restoran, tempat bermain anak, area hijau, dan ruang untuk publik dan seniman. Stadion itu akan memiliki 48.000 tempat duduk dan dibangun di Portello, Milan.

"Sebagian, rencana ini terinspirasi oleh (markas Arsenal) Stadion Emirates di London, juga Stadion St Jakob-Park di Basel, San Mames di Bilbao, dan Neuchatel Xamax. Ini dibuat supaya lebih cocok dengan kebutuhan klub seperti Milan, diproyeksikan untuk evolusi sepak bola," ujar ujar arsitek stadion baru Milan, Emilio Faroldi (53 tahun).

"Stadion tidak lagi hanya berfungsi sebagai tempat kegiatan olahraga, tetapi juga bagian dari re-organisasi masyarakat," tambahnya.

Selain Milan, klub lain yang berencana membuat stadion sendiri adalah AS Roma dan Udinese. Sejauh ini, baru Juventus yang memiliki stadion sendiri, yaitu Juventus Stadium, yang dibuka pada 2011.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.