Prediksi Premier League: Momentum Pembuktian

Kompas.com - 31/01/2015, 06:01 WIB
Gita Suwondo BEIN SPORTGita Suwondo
EditorTjatur Wiharyo
BEIN SPORT Gita Suwondo

Oleh Gita Suwondo

KOMPAS.com - Semua mata akan tertuju ke Stamford Bridge pada pekan ke-23 Premier League, week end ini, saat pemuncak klasemen sementara, Chelsea menjamu saingan terdekat mereka yang berbeda lima poin, Manchester City. Sangat menarik untuk ditunggu apakah lini depan The Blues bisa mengeksploitsi lini belakang City yang merupakan titik terlemah sang juara bertahan BPL ini.

Menarik juga untuk ditunggu apakah anak-anak asuh Manuel Pelegrini bisa jadi tim pertama yang meraih satu angka di Stamford Bridge musim ini dalam liga reguler atau tidak. Pekan lalu, Bradford City yang nota bene ada di League One, kasta ketiga sepakbola Inggris, membuktikan bahwa mereka bukan saja bisa menang di kandang Chelsea, tapi juga menjebol gawang Petr Cech empat kali setelah tertingggal dua gol terlebih dahulu.

Sepak bola bukan matematika. Jika The Bantams bisa melakukannya,  tak berarti The Citizens pasti menang. Apalagi, John Terry dkk sudah terbukti mampu bangkit setelah mengalami kekalahan. Gol tunggal Branislav Ivanovic ke gawang Liverpool pada mid-week ini membawa Jose Mourinho menatap final pertamanya musim ini di Piala Liga, dengan Tottenham Hotspur sebagai lawannya. 

Bicara kendala, dua tim urutan teratas klasemen sementara BPL ini memilikinya. The Blues kemungkinan besar tanpa Costa yang bisa terkena hukuman FA akibat insiden antara dirinya dan Martin Skrtel dan Emre Can Selasa lalu di Piala Liga. Tanpa pemcetak gol utamanya yang sudah membukukan 17 gol ini pasti akan ada sedikit kesulitan bagi tuan rumah. Demikian juga The Sky Blues yang jelas kehilangan Yaya Toure yang memperkuat Pantai Gading di Piala Afrika. Tanpa Toure yang sudah membukukan 7 gol dan terus meningkat permainnya, lini tengah City tanpa kreatifitas yang membuat mereka tersingkir dari Piala FA ditangan Middlesbrough minggu lalu.

Namun, bicara pemain kunci, sang tamu memiliki Frank Lampard yang sering diturunkan Pelegrini dibabak kedua, jika City tertinggal atau untuk menyeimbangkan permainan jika sudah unggul. Kali ini Lampard punya peluang untuk tampil diawal menghadapi mantan klubnya. Pasangan Fernandnho – Fernando sebagai jangkar terbukti minim kreatifitas. Kembali ke The Bridge pasti akan jadi momentum pembuktian bagi Lampard.

Harus juga diingat bahwa pemain yang dimiliki oleh New York City FC dan dipinjamkan ke Manchester City untuk semusim ini adalah pemain yang membuat Chelsea kehilangan poin penuh dalam pertemuan pertama kedua klub di Etihad diawal musim, yang merupakan kegagalan pertama Chelsea meraih poin penuh musim ini. Tentu saja menarik untuk ditunggu apakah pemegang rekor pencetak gol Chelsea ini bisa kembali menciptakan "kerusakan" bagi mantan klubnya.  

Perimbangan kekuatan lini tengah kedua kubu dengan pola 4-2-3-1 juga akan membuat laga ini menjadi menarik. Apakah Cesc Fabregas yang menjadi kunci utama tuan rumah, mampu mengatasi Frank Lampard dikubu tamu? Juga apakah Willian – Oscar – Eden Hazard di belakang striker mampu mengatasi James Milner – Sergio Aguero – David Silva di kubu City?

Ini adalah momentum pembuktian bagi kedua kubu, terutama City yang harus memperkecil jarak dengan Chelsea jika ingin kembali menggenggam gelar juara Barclays Premier League. CHELSEA 55 – 45 MANCHESTER CITY

Premier League Ilustrasi pertandingan Premier League antara Liverpool dan West Ham United, yang akan digelar di Anfield, Sabtu (31/1/2015).

LIVERPOOL Vs WEST HAM UNITED
Laga kedua klub di Boleyn Ground musim ini berakhir dengan kemenangan tuan rumah 3-1. Bukan kemenangan yang membuat laga itu mengejutkan. Tapi adalah bagaimana efektifnya pembelian Sam Allardyce musim ini untuk kebangkitan The Hammers. Diafra Sakho yang sampai saat ini sudah membukukan 8 gol dan Enner Valencia yang suidah membukukan 3 gol adalah para pemain yang membuat The Reds tidak berdaya dan jelas mengatrol permainan West Ham United hingga sekarang. Masih ditambah dengan kedigdayaan Andrew Carroll yang sudah membukukan 5 gol sejak kembali dari cedera adalah gambaran bahwa The Irons punya pelung untuk mencoba membukukan kemengan perdana mereka di Anfield sejak gol tunggal Geoff Hurst tahun 1963.

Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X