Kompas.com - 28/01/2015, 17:39 WIB
|
EditorTjatur Wiharyo
JAKARTA, KOMPAS.com — Suksesnya sebuah tim nasional sangat bergantung pada pembinaan usia muda. Namun, pembinaan usia muda di Indonesia belum dikelola dengan baik sehingga timnas kesulitan berprestasi.

Hal ini disadari oleh Clear. Demi memperbaiki hal tersebut, Clear bekerja sama dengan Manchester United untuk mengembangkan pemain muda Indonesia.  

Caranya melalui proses talent scouting di 16 kota di Indonesia dari Aceh sampai Papua untuk mendapatkan 11 pemain sepak bola muda terbaik.

"Ini kerja sama regional. Program seperti ini hanya ada di Indonesia," kata Senior Brand Manager Clear Johan Lie kepada Kompas.com, Rabu (28/1/2015).

Clear tak asal dalam menjalin kerja sama dengan klub Eropa. Klub bersangkutan harus memiliki kriteria mumpuni di bidang pembinaan usia muda. Untuk urusan ini, MU jagoannya. Terbukti, Setan Merah sukses menelurkan banyak talenta hebat, seperti David Beckham, Ryan Giggs, Paul Scholes, Paul Pogba, dan Adnan Januzaj.

"MU adalah salah satu klub terbesar di dunia. Banyak pemain hebat muncul dari akademi MU. Contohnya Class 92. Sekarang ada Adnan Januzaj, Danny Welbeck, Tom Cleverly, dan Paul Pogba," tuturnya.

Nama besar MU juga menjadi salah satu pertimbangan Clear untuk melakukan kerja sama.

"Akademi mereka sudah terbukti. Di Asia, MU juga terkenal dan populer," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.