Kompas.com - 24/01/2015, 23:53 WIB
Penyerang Real Madrid, Karim Benzema (kanan), melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Cordoba dalam lanjutan Primera Division di Nuevo Arcangel stadium, Sabtu (24/1/2015). AFP/CRISTINA QUICLERPenyerang Real Madrid, Karim Benzema (kanan), melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Cordoba dalam lanjutan Primera Division di Nuevo Arcangel stadium, Sabtu (24/1/2015).
EditorAloysius Gonsaga AE
KOMPAS.com - Real Madrid dengan susah payah meraih kemenangan 2-1 atas tuan rumah, Cordoba, pada lanjutan laga Primera Division di Estadio Nuevo Arcángel, Cordoba, Sabtu (24/1/2015). Gol penalti Gareth Bale yang membawa Los Blancos meraih poin penuh di laga yang sulit tersebut.

Raihan tiga poin pada laga ke-19 Madrid ini membuat mereka menjauh dari rival terdekat sekaligus musuh abadinya, Barcelona, yang baru akan bermain melawan Elche. Kini, juara Eropa tersebut mengumpulkan total 48 poin, unggul empat angka atas Barca, yang akan memainkan pertandingan ke-20.

Cordoba membuat kejutan karena mereka sudah unggul saat pertandingan baru berusia tiga menit. Sergio Ramos dianggap melakukan pelanggaran handball di dalam kotak penalti ketika berusaha menghalau bola tendangan Bebe, sehingga wasit langsung menunjuk titik putih.

Nabil Ghilas yang bertugas sebagai eksekutor hukuman tendangan 11 meter itu berhasil menjalankan tugasnya dengan sangat baik. Dia mengarahkan bola ke sisi kiri atas gawang sehingga Iker Casillas tak mampu menjangkau si kulit bundar.

Tertinggal oleh gol cepat itu, Madrid meresponsnya dengan terus menggempur pertahanan lawan. Meskipun demikian, Cordoba juga menghadirkan ancaman lewat serangan balik, sehingga Varane dan Ramos tak leluasa membantu serangan.

Kerja keras raksasa Liga Spanyol ini membuahkan hasil pada menit ke-27. Berawal dari tendangan pojok, Gareth Bale berhasil menyundul bola untuk mengubah arah bola ke tiang jauh. Benzema yang berdiri di sana dengan cermat menceploskan bola, meskipun dia mendapat kawalan.

Setelah itu, Cordoba pun berani melakukan serangan. Sami Khedira dan Toni Kroos yang beroperasi di lini tengah Madrid harus berjibaku untuk menghentikan alur serangan tuan rumah. Hingga turun minum, skor tetap 1-1.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di babak kedua, Cordoba justru lebih banyak melakukan serangan. Bahkan, petaka nyaris menghampiri tim besutan Carlo Ancelotti itu pada menit ke-69, seandainya bola chip Andone yang mengelabui Casillas, tak membentur gawang. Beruntung bagi Madrid, si kulit bundar menghantam pojok kanan atas gawang.

Pada menit ke-82, Madrid harus bermain dengan 10 orang, menyusul kartu merah yang diberikan kepada Ronaldo. Peraih Ballon d'Or 2014 ini dengan sengaja menendang Edimar, meskipun tak ada bola. Wasit dengan tegas mengusir penyerang asal Portugal itu.

Tanpa Ronaldo, permainan Madrid malah lebih berkembang sehingga mereka memegang kendali permainan. Hanya berselang tujuh menit, terciptalah gol kemenangan Los Blancos melalui titik penalti. Federico Nicolas Cartabia dengan sengaja menahan bola ketika membentuk pagar hidup di dalam kotak penalti untuk menahan tendangan bebas.

Wasit mengganjarnya kartu kuning kedua, sekaligus hukuman penalti bagi Madrid. Bale yang bertugas sebagai algoju dengan tenang mengeksekusi si kulit bundar ke sisi kiri gawang, sedangkan kiper Cordoba bergerak ke kanan. Skor menjadi 2-1 untuk Madrid, yang bertahan hingga laga usai.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.