Gamba Osaka Gunduli Persija Jakarta - Kompas.com

Gamba Osaka Gunduli Persija Jakarta

Kompas.com - 24/01/2015, 21:24 WIB
KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES Pemain Persija Yavgeny Kabaev coba melewati sejumlah pemain Gamba Osaka dalam pertandingan persahabatan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (24/1/2014). Persija harus menelan pil pahit setelah dikalahkan klub asal Jepang tersebut dengan skor 4-0.
JAKARTA, KOMPAS.com - Persija Jakarta takluk 0-4 dari Gamba Osaka pada pertandingan persahabatan yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (24/1/2015) malam.

Bermain di depan ribuan The Jakmania, Persija coba mengendalikan permainan. Namun, Macan Kemayoran kesulitan menembus kokohnya pertahanan Gamba.

Sebaliknya, Persija nyaris kebobolan seandainya bola tandukan Shingo Akamine tak meleset pada menit ke-11.

Dua menit kemudian, Persija coba membalas ancaman tersebut melalui pergerakkan Yavgeny Kabaev. Sayang, bola hasil tembakan Kabaev mampu ditepis kiper Yosuke Fujigaya.

Persija berusaha menjaga irama permainannya dengan melepaskan ancaman. Kali ini, ancaman Persija datang dari Stefano Lilipaly pada menit ke-15. Namun, pemain naturalisasi dari Belanda tersebut harus gigit jari karena bola hasil tembakannya masih meleset pada menit ke-15.

Meski begitu, Persija tidak dibiarkan leluasa mengendalikan permainan. Gamba berhasil mengendalikan permainan. Tomokazu Myojin dan kawan-kawan tampak sabar dalam melakukan serangan.

Persija kembali nyaris kebobolan jika Andritany tidak gemiang di bawah mistar gawang Persija pada menit ke-32. Takashi Usami dengan kemampuannya berhasil lepas dari kawalan bek Persija dan berdiri bebas di dalam kotak penalti Persija. Namun, Usami gagal mencetak gol setelah tembakannya ditepis Andritany.

Meski begitu, Usami benar-benar berhasil mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-35. Menerima bola dari Hiroyuki Abe, Usami menggiring bola ke dalam kotak penalti lawan.

Pemain yang pernah dipinjamkan ke Bayern Muenchen pada 2011-2012 tersebut melepaskan tembakan yang membuat bola bersarang ke pojok kanan atas gawang Persija. Gol ini sekalgius membuat Persija tertinggal 0-1 pada babak pertama.  

Pelatih Gamba, Kentha Hasegawa, melakukan rotasi besar-besaran terhadap timnya pada babak kedua.

Keputusan Hasegawa nyaris membuahkan hasil saat Akamine melepaskan tembakan begitu melihat kiper Andritany maju meninggalkan sarangnya pada menit ke-49. Beruntung bagi Persija karena Amarzukih yang berdiri tepat di bawah mistar berhasil menyapu bola.

Gamba pun akhirnya kembali berhasil membobol gawang Persija berkat gol Lins Lima De Brito pada menit ke-56. Pemain bernomor punggung 9 tersebut berhasil mencuri bola dari kaki Ismed. Melihat Andritany maju, De Brito melepaskan tembakan yang tak mampu dijangkau Andritany.

Tertinggal 0-2, Pelatih Rahmad Darmawan melakukan perubahan pada menit ke-62. RD memasukkan Bambang Pamungkas, Dirga Lasut, Adam Malis, Martin Vunk, dan Gunawan.

Martin Vunk nyaris mencetak gol saat mendapatkan ruang tembak pada menit ke-64. Sayang, tendangan Vunk masih meleset.

Pada menit ke-66, Adam Malis yang beroperasi sebagai sayap kanan melakukan tusukan. Usaha Adam masih gagal karena bola hasil tembakannya meleset.

Namun, usaha Persija kembali dibungkam setelah De Brito mencetak gol keduanya pada menit ke-72. Pemain asal Brasil tersebut yang berdiri bebas di dalam kotak penalti dengan tenang menceploskan bola.

Gol tersebut membuat suasana di stadion semakin riuh. Ribuan The Jakmania yang memadatai stadion menyalakan flare dan kembang api. Imbasnya, stadion nyaris diselumiti asap.

The Jakmania kembali terdiam setelah gawang Persija yang dikawal Adixi bobol pada menit ke-86. Adixi gagal membendung tandukan yang dilepaskan Anderson Patric. Gol itu sekaligus memastikan Persija takluk 0-4.

Susunan Pemain
Persija Jakarta: 26-Andritany Ardhiyasa; 14-Ismed Sofyan, 52-Alan Aciar, 6-Ambrizal, 4-Saiful Indra Cahya; 21-Amarzukih, 81-M Ilham, 9-Stefano Lilipaly, 5-Alfin Tuasalamony, 32-Novri Setiawan; 99-Yavgeny Kabaev

Pelatih: Rahmad Darmawan

Gamba Osaka: 18-Yosuke Fujigaya, 5-Daiki Naiwa, 8-Keisuke Iwashita, 22-Jae Suk Oh, 10-Takahiro Futagawa, 13-Hiroyuki Abe, 17-Tomokazu Myojin, 30-So Hirao, 33-Shohei Ogura; 24-Shingo Akamine, 39-Takashi Usami

Pelatih: Kenta Hasegawa

Wasit: Suprem Nonthawong (Thailand)


EditorAloysius Gonsaga AE

Close Ads X