Kompas.com - 21/01/2015, 03:02 WIB
Pelatih Chelsea Jose Mourinho (kedua dari kiri) menyaksikan anak-anak didiknya bertanding melawan Swansea City, pada lanjutan Premier League, di Liberty Stadium, Swansea, 17 Januari 2015. AFP PHOTO/GEOFF CADDICKPelatih Chelsea Jose Mourinho (kedua dari kiri) menyaksikan anak-anak didiknya bertanding melawan Swansea City, pada lanjutan Premier League, di Liberty Stadium, Swansea, 17 Januari 2015.
EditorTjatur Wiharyo

 

LONDON, KOMPAS.com - Manajer Chelsea Jose Mourinho mengungkapkan, ia berkesempatan merekrut pemain sayap Angel Di Maria dan penyerang Radamel Falcao pada bursa transfer musim panas 2015. Namun, ia tak mengambil kesempatan itu karena Chelsea kesulitan membayar gaji dua pemain tersebut. Di Maria dan Falcao akhirnya bergabung dengan Manchester United.

Di Maria dibeli MU dari Real Madrid dengan harga 59,7 juta poundsterling dengan kontrak berdurasi lima musim atau hingga Juni 2019. Menurut Guardian, MU menggaji Di Maria 280.000 poundsterling atau sekitar Rp 5,3 miliar per pekan.

Sementara itu, Falcao didatangkan MU dari AS Monaco dengan status pinjam hingga akhir akhir musim ini. Menurut pemberitaan di Inggris, biaya pinjam Falcao mencapai 5,7 juta poundsterling atau sekitar Rp 108 miliar. MU juga disebut menanggung beban gaji Falcao selama masa pinjam, yang diperkirakan mencapai 260.000 poundsterling atau sekitar lima miliar rupiah per pekan.

Chelsea kesulitan membayar gaji dua pemain itu karena terbentur peraturan Financial Fair Play. Selain itu, menurut Mourinho, ia tak mau merekrut dua pemain itu karena persoalan gaji bisa merusak soliditas tim.

"(Agen pemain) Jorge Mendes mengatakan kepada saya bahwa Di Maria dan Falcao adalah pemainnya dan ia harus mencari solusi untuk dua pemain itu. Namun, jika Chelsea tak punya kekuatan finansial untuk mengeluarkan delapan, sembilan, sepuluh juta euro per musim karena Financial Fair Play, tentu saja Mendes harus memikirkan pemain-pemain yang diwakilinya," ujar Mourinho, dalam buku "The Key to Mendes" yang dikutip The Sun.

"Kami tak bisa mendatangkan Falcao atau Di Maria karena saya juga tidak menginginkannya. Saya tak bisa memiliki pemain yang menerima gaji sepuluh juta euro (per musim) ketika pemain lain menerima tiga, empat, atau lima juta euro (per musim). Itu akan menjadi masalah besar," tambahnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Sun
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.