Pendaftaran Peserta Playoff Liga Kompas Gramedia U-14 Mulai Dibuka

Kompas.com - 12/01/2015, 10:25 WIB
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com - Liga Kompas Gramedia U-14 membuka pendaftaran untuk peserta baru yang akan berlaga di musim 2015-2016 mendatang. Pendaftaran mulai dibuka pada hari Senin (12/1/2015) hingga Jumat (30/1/2015) mendatang di Gedung Kompas Palmerah Selatan, Jakarta.

Sekolah Sepak bola (SSB) yang boleh mendaftar hanyalah SSB yang berada di wilayah Jakarta, Bogor, Tangareng, Depok dan Bekasi (Jabodetabek). Untuk pendaftaran ini, pihak panitia sama sekali tidak memungut biaya.

Setelah pendaftaran ditutup tanggal 30 Januari, semua peserta akan diverifikasi. Untuk bisa lolos mengikuti play off yang memperebutkan tiga tempat, SSB harus memenuhi syarat, di antaranya SSB sudah berusia minimal tiga tahun, yang dibuktikan dengan surat pengesahan pendirian dari Pengcab PSSI setempat.

SSB juga harus punya stadion dan memiliki pelatih berlisensi C. Setiap SSB juga wajib mendaftarkan nama pemain kelahiran 2001 atau 2002, minimal 25 pemain.

Untuk peserta play-off, panitia hanya membatasi 21 SSB baru di tambah tiga SSB yang terdegradasi dari kompetisi musim lalu. Pertandingan play off rencananya akan digelar mulai 1 Maret mendatang. Dari 24 SSB, hanya tiga tim terbaik yang berhak mengikuti kompetisi LKG U-14 musim 2015-2016.

Musim 2015-2016 LKG akan dimulai pada 2 Agustus mendatang. Untuk format kompetisi, tidak banyak perubahan. Sebanyak 16 tim peserta akan bermain sebanyak 30 pertandingan. Namun, mulai musim kompetisi ini, jumlah tim yang terdegradasi akan bertambah dari tiga tim menjadi lima tim.

Direktur Komunitas Kompas yang juga anggota Komite LKG-U14, Rusdi Amral mengatakan, dari musim ke musim LKG diupayakan ada peningkatan kualitas kompetisi. Rusdi pun menegaskan bahwa sesuai dengan visi dan misinya, LKG tidak hanya melakukan pembinaan bakat dan kemampuan anak-anak, tetapi juga mental dan karakter mereka.

"Musim ini merupakan musim yang kelima. Dari LKG sudah muncul pemain-pemain muda yang berbakat yang kemudianmenyebar ke sejumlah klub besar bahkan sampai membela tim nasional. Bagi kami, tentu ini menjadi sebuah kebanggaan," kata Rusdi.

Seperti musim-musim sebelumnya, LKG-U14 juga memiliki tim pemandu bakat yang akan memilih pemain-pemain terbaik untuk dikirim ke turnamen Piala Gothia di Swedia. Sepanjang keikutsertaan tim LKG di Piala Gothia, prestasi terbaik yakni menjadi runner-up di kelompok umur 14 tahun pada tahun 2013 lalu. Selain ke Piala Gothia, LKG juga mengirim tim ke markas Real Madrid. (OTW)



Sumber KOMPAS
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X