Kompas.com - 19/12/2014, 17:35 WIB
Gelandang tim nasional Indonesia, Evan Dimas Darmono. KOMPAS.com / Okky Herman DilagaGelandang tim nasional Indonesia, Evan Dimas Darmono.
|
EditorTjatur Wiharyo
JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 24 permain Timnas Indonesia U-23 menjalani tes fisik sebelum menjalankan program yang dibuat oleh pelatih Aji Santoso. Tes fisik ini digelar di Lapangan Futsal Komplek POR Sawangan Depok, Jawa Barat, Jumat (19/12/2014), dan dipimpin langsung oleh pelatih timnas Aji Santoso berikut jajaran pelatih lainnya.

Semua pemain yang ada terbagi dalam tiga kelompok pada tes ini. Masing-masing kelompok diharuskan berlari sejauh 20 meter bolak-balik. Hal ini dilakukan untuk mengetahui ketahanan fisik pemain usai libur aktivitas.

"Secara umum pada tes pertama ini kondisi pemain dalam tahap normal. Ada yang bagus, ada pula yang kurang bagus," kata Aji.

Menurut dia, tes fisik yang dilakukan tidak hanya untuk mengetahui kondisi terakhir pemain. Namun, juga untuk mengetahui ketahanan pemain termasuk VO2Max atau kemampuan paru-paru menyerap oksigen.

Berdasarkan catatan dari tim pelatih, VO2Max pemain pada tes pertama ini sudah diatas 57. Dengan program yang dibuat saat ini pihaknya optimistis kemampuan fisik pemain akan terus meningkat.

Setelah menjalani tes fisik, pemain yang sudah hadir akan menjalani latihan sesuai dengan program yang ditetapkan. Program yang disiapkan sedikit berubah seiring dengan batalnya pertandingan uji coba melawan Qatar di Australia, 5 Januari 2015.

Sebagai pengganti, PSSI masih melakukan komunikasi dengan Suriah. Hanya saja hingga saat ini belum mendapatkan waktu pelaksanaannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, Timnas Garuda Muda juga direncanakan akan turun di turnamen Marahalim Cup di Medan, 9-14 Januari.

"Selama pemusatan latihan ini kami menjadwalkan minimal ada dua uji coba. Satu uji coba dengan tim lokal dan satu dengan tim asing," tutur Aji.

Pemusatan latihan di Lapangan POR Sawangan akan berakhir 6 Januari nanti. Hanya saja hingga saat ini belum semua pemain. Ada enam pemain yang belum datang dan akan ditunggu hingga 21 Desember. Jika tidak hadir berpeluang diganti dengan pemain lain.

Tim ini diproyeksikan mengikuti kualifikasi Piala AFC U-22 dan SEA Games 2015.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.