Kompas.com - 11/12/2014, 21:11 WIB
EditorAloysius Gonsaga AE
KOMPAS.com - Malaysia melangkah ke final AFF Suzuki Cup 2014 setelah menang 4-2 atas tuan rumah Vietnam pada leg kedua semifinal di My Dinh National Stadium, Hanoi, Kamis (11/12/2014). Dengan demikian, Harimau Malaya maju ke partai puncak turnamen dua tahunan ini dengan agregat 5-4 setelah pada leg pertama 7 Desember lalu kalah 1-2.

Selanjutnya, Malaysia akan bertemu Thailand untuk memperebutkan gelar turnamen antarnegara Asia Tenggara tersebut. Pada leg pertama 17 Desember mendatang, Malaysia lebih dulu menjamu Thailand di Shah Alam Stadium, Shah Alam, kemudian pada 20 Desember giliran Thailand menjadi tuan rumah dalam laga di Rajamangala Stadium, Bangkok.

Malaysia, yang harus mengejar kemenangan untuk memangkas defisit satu gol akibat kekalahan di rumah sendiri, langsung menggebrak di awal pertandingan. Ketika pertandingan baru berusia tiga menit, mereka sudah mencetak gol lewat titik penalti, yang dieksekusi dengan sempurna oleh Mohd Shafiq Bin Rahim, sehingga skor besar menjadi 2-2.

Gol cepat itu membuat permainan Malaysia kian tak terbendung. Pada menit ke-16, Norshahrul Talaha menggandakan keunggulan timnya, sebelum tendangan penalti Vinh Le Cong pada menit ke-22 mengubah kedudukan menjadi 2-1.

Namun tujuh menit berselang, Malaysia menjauh lagi. Kali ini gol bunuh diri Dinh Tien Thanh menjadi malapetaka bagi timnya, yang membuat Malaysia unggul 3-1. Satu menit menjelang turun minum, Malaysia kembali bersorak girang karena Muhammad Shukor Adan mencetak gol yang membuat skor 4-1 bagi tim tamu saat turun minum.

Di babak kedua, Vietnam bermain lebih agresif. Sayang, hanya satu gol yang berhasil dicetak oleh Vinh Le Cong pada menit ke-79, sehingga usaha mereka untuk memaksa laga berlanjut ke perpanjangan waktu gagal terwujud. Hingga peluit akhir berbunyi, skor 4-2 tak berubah, sehingga Malaysia unggul agregat 5-4.

Laga final nanti akan menjadi ulangan fase penyisihan grup karena Malaysia dan Thailand tergabung di Grup B. Waktu itu, Thailand menang 3-2.

Kedua negara ini juga pernah bertemu di partai puncak pada tahun 1996 (yang masih menggunakan single match) di Singapura. Thailand menjadi juara setelah menang 1-0.

Secara keseluruhan, Thailand sudah  tiga kali menjadi juara event ini pada 1996, 2000 dan 2002. Sedangkan Malaysia baru satu kali menjadi juara pada 2010, ketika mengalahkan Indonesia dengan agregat 4-2 (Ketika jadi tuan rumah Malaysia menang 3-0 dan saat bermain di Jakarta, menyerah 1-2).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.