Kompas.com - 09/12/2014, 21:32 WIB
Somen Alfred Tchoyi (depan) ketika masih berkostum West Bromwich Albion. PERSIBSomen Alfred Tchoyi (depan) ketika masih berkostum West Bromwich Albion.
EditorAloysius Gonsaga AE
MALANG, Kompas.com - Arema Cronus Indonesia Malang mengontrak Somen Alfred Tchoyi untuk memperkuat tim itu dalam mengarungi kompetisi Indonesia Super League (ISL) musim 2015. Tchoyi pernah berkiprah di Premier League karena merupakan mantan pemain West Bromwich Albion.

Menurut General Manajer Arema Ruddy Widodo, pemain baru tersebut akan mengisi posisi yang ditinggalkan Alberto Goncalves di lini depan.

"Keputusan manajemen untuk mengontrak Tchoyi ini berdasarkan rekomendasi dari asisten pelatih Joko Susilo dan agen pemain Onana J Denis," ujarnya di Malang, Selasa (9/12/2014).

Ia menjelaskan satu bulan lalu, Onana menyodorkan 17 nama pemain asing, namun dia merekomendasikan Tchoyi dan ternyata asisten pelatih juga merekomendasikan nama yang sama, sehingga manajemen memutuskan untuk mengontrak pemain asal Kamerun tersebut.

Ruddy optimistis Tchoyi akan memberikan kontribusi optimal dan terbaiknya bagi Arema, sebab ia merupakan salah satu pemain asal Kamerun yang memiliki pengalaman dan skill bagus.

"Saya pernah bertanya pada Herman Dzumafo soal kiprah Tchoyi di sepak bola, dia menjawab jika Tchoyi pemain yang terkenal di Kamerun, sehingga kami semakin yakin untuk merekrut Tchoyi," tambahnya.

Pemain berusia 31 tahun itu tiba di Indonesia pada 5 Desember 2015 dan baru sampai di Malang Senin (8/12). "Besok dia akan menjalani medical check up, jika semua proses telah tuntas, Tchoyi siap bermain bersama Arema musim depan," ucapnya.

Menyinggung nilai kontrak Tchoyi, Ruddy enggan membeberkan. Tetapi kabarnya manajemen Arema harus menyediakan anggaran hingga Rp 3 miliar untuk mendapatkan pemain yang telah menyumbangkan tujuh gol untuk West Bromwich Albion ini. "Yang jelas nilai kontraknya sesuai dengan kualitasnya," ujar Ruddy.

Sementara itu, Tchoyi mengaku senang bisa bermain bersama Arema musim depan. Menurutnya, Arema merupakan salah satu tim besar di Indonesia.

"Sebelum bergabung bersama Arema, saya sudah tahu kalau Arema adalah tim besar. Bergabung dengan Arema akan memberikan pengalaman baru di karier sepak bola saya dan saya akan belajar bahasa Indonesia agar mudah beradaptasi," ucapnya.

Tchoyi optimistis bisa banyak menyumbangkan gol bagi tim berjuluk Singo Edan ini, bahkan ia berharap bisa memberikan gelar juara musim depan. "Semua pemain tentunya ingin memberikan yang terbaik, saya ingin membuat manajemen dan Aremania senang," katanya.

Selain Tchoyi, pemain asing yang direkrut Arema untuk menggantikan posisi tiga pemain asing musim sebelumnya adalah Fabiano, sehingga Arema hanya menyisakan satu slot pemain asing lagi untuk mengisi lini belakang yang ditinggalkan Tierry Ghatuessi.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.