Kompas.com - 09/12/2014, 16:24 WIB
EditorAloysius Gonsaga AE
KUALA LUMPUR, Kompas.com - Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) mengatakan ingin mendengar penjelasan dari badan sepak bola Malaysia tentang kegagalan mereka mengantisipasi terjadinya penyerangan terhadap pendukung tim tamu Vietnam saat laga pertama semifinal AFF Suzuki Cup 2014, Minggu (7/12/2014).

AFF mengirim pertanyaan tertulis pada Senin (8/12), mempertanyakan tentang petugas keamanan yang dianggap kurang di lapangan. Demikian menurut Sekjen AFF Azzuddin Ahmad kepada AFP.

Tenggat waktu jawaban itu ditunggu hingga 15 Desember. Langkah selanjutnya dapat berlanjut pada pemberian sanksi.

"Ini merupakan masalah. Negara lain juga menjadi tuan rumah pertandingan, tapi tidak ada terjadi kerusuhan," kata Azzuddin, Selasa (9/12).

Setidaknya ada satu orang pendukung tim Vietnam yang cedera, ketika pendukung Malaysia dilaporkan menyerang pendukung tim tamu pada laga di Kuala Lumpur yang berakhir dengan kemenangan 2-1 untuk Vietnam. Selanjutnya, Vietnam akan menjamu Malaysia di Hanoi untuk menentukan siapa yang berhak maju ke babak final kejuaraan sepak bola Asia Tenggara itu.

Polisi menahan lima orang dan atas kejadian itu Menteri Olahraga Malaysia menyatakan minta maaf kepada Vietnam.

Azzuddin menolak berkomentar kemungkinan hukum yang akan diberikan, tetapi media lokal berspekulasi bahwa Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) kemungkinan akan didenda atau dipaksa bermain di stadion tertutup.

Minggu lalu, Konfederasi Sepak Bola Asia menghukum denda FAM sebesar 10.000 dollar karena pendukung mereka bertindak kasar pada pertandingan persahabatan melawan Filipina, Maret.

Menyusul pertandingan Minggu, dilaporkan laman FAM diretas dan muncul pesan dalam bahasa Vietnam. Laman itu tidak dapat dibuka Selasa dan ada peringatan tulisan "Sedang Diperbaiki".

Untuk mengantisipasi kemungkinan terjadi tindakan balas dendam, petinggi sebak bola Vietnam sudah memberikan peringatan kepada para pendukung timnas mereka. Diharapkan fans tidak bertindak brutal terhadap pendukung Malaysia pada pertandingan leg kedua mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.