Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/12/2014, 09:33 WIB
EditorAloysius Gonsaga AE
KOMPAS.com - Striker tim nasional Jerman, Thomas Mueller, tak mendukung Cristiano Ronaldo menjadi pemenang Ballon d'Or 2014. Menurutnya, akan membosankan jika bintang Real Madrid tersebut kembali menyabet penghargaan individu yang sangat bergengsi ini.

Ronaldo sangat difavoritkan untuk ketiga kalinya menyabet penghargaan tersebut, setelah menjadi pemenang pada 2008 dan 2013. Pemain asal Portugal ini akan bersaing dengan bintang Barcelona, Lionel Messi, yang sudah empat kali menjadi pemenang, serta kiper Bayern Muenchen dan Jerman, Manuel Neuer.

Khusus Neuer, dia mendapat dukungan dari beberapa sosok top, termasuk pelatih Bayern Pep Guardiola serta gelandang Xabi Alonso. Mueller, yang juga merupakan rekan setimnya, baik di klub maupun timnas, juga ikut memberikan pendapatnya dengan mengatakan bahwa mantan pemain Schalke tersebut bisa menjadi "penyegar" untuk penghargaan itu.

"Jika Ronaldo kembali jadi pemenang, tentu akan sangat membosankan. Maka anda harus mempertanyakan pilihan," ujar Mueller kepada Sky. "Neuer ada karena dia menjadi juara dunia dan telah memperlihatkan kecemerlangannya."

"Robben, misalnya, luar biasa. Bahkan ada beberapa pemain Jerman yang pantas mendapatkannya. Aku sudah memberikan pendapatku. Pemilihan ini tak begitu penting bagiku. Aku melihat diri sendiri sebagai pemain tim."

Mueller juga berbicara tentang terpuruknya Borussia Dortmund pada musim ini karena runner-up Bundesliga musim lalu tersebut saat ini terpuruk di dasar klasemen setelah melakoni 12 pertandingan. Tetapi di pentas Liga Champions, Dortmund tampil sangat impresif karena mereka telah memastikan diri lolos ke fase knock-out.

Ini membuat Mueller sangat terkejut. Dia berharap Dortmund bisa segera bangkit sehingga menambah daya saing di Bundesliga, karena Bayern hingga saat ini tak terbendung karena belum ada tim yang mampu mengalahkannya.

"Aku agak terkejut. Jika anda melihat situasi sebagai pengamat luar, aku tertegun. Aku ingin Dortmund mendapatkan setiap poin karena penting untuk sepak bola Jerman," ujarnya.

"Anda bisa melihat apa yang mungkin di sepak bola. Dortmund hebat di Liga Champions tetapi berada di bawah di liga. Ini gila, tetapi bukan masalah kami."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber Goal
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+