Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wenger Ingin King Henry Pulang

Kompas.com - 02/12/2014, 19:17 WIB

LONDON, KOMPAS.com
- Manajer Arsenal Arsene Wenger mengaku berharap Thierry Henry kembali ke klubnya setelah memutuskan tidak memperpanjang kontrak di New York Red Bulls. Meski begitu, menurut Wenger, ia belum punya rencana apa pun untuk Henry di Arsenal, baik soal posisi maupun peran.

Henry adalah legenda Arsenal. Ia bermain untuk The Gunners pada 1999-2007. Pada periode itu, Henry mencetak 174 gol dalam 254 penampilan di Premier League. Henry kemudian pindah ke Barcelona dan pada 2010 bergabung dengan New York Red Bulls dengan kontrak hingga akhir Desember 2014.

Selaima di Red Bulls, Henry satu kali dipinjamkan ke Arsenal, yaitu pada Januari-Februari 2012. Selama periode tersebut, Henry mencetak dua gol dalam tujuh penampilan di berbagai ajang yang diikuti Arsenal.

Pada Senin (1/12/2014), Henry menyatakan tidak akan memperpanjang kontrak di Red Bulls. Mengingat relasi antara Henry dan Arsenal, keputusan tersebut memunculkan spekulasi bahwa Henry akan kembali ke Arsenal.

"Thierry Henry sudah bicara dan yang saya mengerti adalah ia ingin mengambil waktu untuk membuat pertimbangan soal apa yang ia inginkan pada fase berikut dalam hidupnya," ujar Wenger.

"Satu-satunya hal yang sata ingin katakan adalah saya memberinya kesempatan bermain pada usia 17 tahun di AS Monaco. Ia sekarang berusia 37 tahun, jadi ia mengalami sepak bola kompetitif selama 20 tahun dan itu layak mendapatkan penghargaan, bukan hanya untuk apa yang ia telah raih, tetapi juga sikap, teladan, dan fokusnya pada sepak bola. Ia berhak mengambil waktu untuk melakukan refleksi dan berpikir soal apa yang ia ingin lakukan."

"Ia adalah warga Arsenal. Apa yang ia alami di sini adalah momen terbaik dalam hidup dan kariernya. Tentu, suatu hari ia akan kembali ke sini. Untuk peran apa, saya tidak tahu. Itulah yang ia harus pikirkan, ke arah mana ia ingin melangkah dalam tahap berikut dalam hidupnya," tutur Wenger.

Pekan lalu, Henry telah menyatakan bahwa ia ingin membantu Arsenal menjuarai Liga Champions, tetapi tidak sebagai pemain.

"Apakah saya dekat atau jauh, itu tak berada di tanganku. Namun, yang jelas, aku ingin membantu karena (Arsenal) adalah klubku dan aku tak bisa membawa mereka (menjuarai) LIga Champions)," ujar Henry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ESPN FC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com