Kompas.com - 02/12/2014, 17:49 WIB
Penyerang Liverpool Mario Balotelli melihat dari tribun pertandingan Premier League antara timnya dan Stoke City, di Anfield, Liverpool, pada 29 November 2014. PAUL ELLIS / AFPPenyerang Liverpool Mario Balotelli melihat dari tribun pertandingan Premier League antara timnya dan Stoke City, di Anfield, Liverpool, pada 29 November 2014.
EditorTjatur Wiharyo
LIVERPOOL, KOMPAS.com - Penyerang Liverpool Mario Balotelli meminta maaf atas gambar kartun yang ia posting di Instagram. Menurut Balotelli, ia mengunggah gambar itu justru untuk menyatakan sikap anti-rasialisme.

Menurut Sky Sports, Balotelli mengunggah gambar tokoh kartun Super Mario yang menampilkan stereotipe sejumlah kelompok etnis. Sejumlah pengguna media sosial menilai gambar itu menunjukkan sikap rasialis dan antisemit.

Balotelli menanggapi kritik itu dengan menghapus gambar itu dan meminta maaf melalui Twitter.

"Aku minta maaf jika ada yang tersakiti karena tindakanku. Postingan itu menunjukkan sikap anti-rasialis dengan humor. Aku sekarang mengerti bahwa hal itu bisa menimbulkan efek sebaliknya. Tidak semua orang Meksiko punya kumis, tidak semua orang berjulit hitam bisa melompat tinggi dan tidak semua orang Yahudi menyukai uang," ujar Balotelli, yang beberapa kali menjadi korban rasialime.

"Aku menggunakan karakter kartun yang dibuat orang lain karena karakter itu adalah Super Mario dan menurutku itu lucu dan tidak ofensif. Sekali lagi, aku minta maaf," lanjut Balotelli.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.