Kompas.com - 29/11/2014, 21:07 WIB
EditorAloysius Gonsaga AE
KOMPAS.com — Malaysia menang secara dramatis meraih kemenangan atas Singapura pada matchday terakhir penyisihan Grup B AFF Suzuki Cup 2014, Sabtu (29/11/2014). Dua gol pada injury time membuat Harimau Malaya menang 3-1 atas sang juara bertahan sehingga mereka berhak maju ke semifinal, mendampingi Thailand sebagai juara grup setelah menang 2-0 atas Myanmar.

Sebenarnya, Singapura hanya butuh hasil imbang dalam laga di National Stadium, Kallang. Dengan modal kemenangan atas Myanmar di laga kedua, Tim Singa ini cukup menambah satu poin sehingga bisa melenggang ke babak empat besar.

Namun, di depan publiknya sendiri, Singapura justru tak berkutik. Sempat bermain tanpa gol di paruh pertama, mereka gagal mempertahankan performanya di paruh kedua karena gawangnya kebobolan pada menit ke-61 lewat gol mantan pemain Pelita Jaya dan Arema Cronus Indonesia, Safee Sali.

Singapura sempat menguak asa untuk tetap berkiprah di event dua tahunan ini setelah Khairul Amri mencetak gol balasan pada menit ke-83, memanfaatkan bola rebound tendangan bebas yang tak sempurna ditepis kiper Malaysia. Sayang, situasi ini cepat berubah karena saat injury time, Malaysia bisa membalas lewat gol penalti Mohd Shafiq Bin Rahim.

Tertinggal dalam waktu yang sudah sangat tipis, Singapura tak punya pilihan selain menyerang habis-habisan. Tak pelak, kiper pun ikut membantu serangan demi mencari gol balasan. Alih-alih mencetak gol, gawang Singapura justru kebobolan lagi karena melalui serangan balik, Mahayuddin dengan mudah menceploskan bola ke gawang yang sudah kosong.

Sementara itu, di Jalan Besar Stadium, Kallang, Thailand tetap bermain serius melawan Myamar, meski sudah memastikan diri lolos ke babak empat besar. Negeri Gajah Putih ini menang 2-0 berkat gol Tanaboon Kesarat pada menit ke-12, disusul gol Prakit Deeporm pada menit ke-84.

Dengan demikian, Thailand lolos sebagai juara grup setelah mengumpulkan poin sempurna karena memenangi tiga pertandingan. Di semifinal, mereka akan bertemu Filipina, yang merupakan runner-up Grup A, sedangkan Malaysia berhadapan dengan Vietnam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.