Kompas.com - 28/11/2014, 23:06 WIB
Pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti (kanan), memberikan selamat kepada peyerang Real Madrid Cristiano Ronaldo yang mencetak gol ketiga ke gawang Elche pada lanjutan Primera Division di Santiago Bernabeu pada 23 September 2014. AFP/GERARD JULIENPelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti (kanan), memberikan selamat kepada peyerang Real Madrid Cristiano Ronaldo yang mencetak gol ketiga ke gawang Elche pada lanjutan Primera Division di Santiago Bernabeu pada 23 September 2014.
EditorAloysius Gonsaga AE
KOMPAS.com - Pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti, mengecam Presiden UEFA Michel Platini atas pernyataannya mengenai kandidat peraih penghargaan individu nan bergengsi, Ballon d'Or. Menurut pria asal Perancis tersebut, pemain Jerman lebih pantas mendapatkan gelar tersebut dibandingkan Cristiano Ronaldo.

Platini mengungkapkan hal tersebut pada awal pekan ini, bahwa seorang pemain Jerman layak dinobatkan sebagai pemain terbaik setelah mereka menjadi juara Piala Dunia 2014 di Brasil pada Juli lalu. Ini sempat menimbulkan gejolak di markas Madrid, dengan Alvaro Arbeloa dan Fabio Coentrao menyerang balik bos UEFA itu atas "kampanye melawan Ronaldo".

Kini, giliran Ancelotti yang memberikan komentar untuk membela pemain bintangnya tersebut. Pelatih asal Italia ini menegaskan bahwa sebagai seorang petinggi, Platini seharusnya tidak melontarkan opini seperti itu.

"Saya mendukung pernyataan Arbeloa. Saya tidak membayangkan presiden UEFA beropini tentang Ballon d'Or," ujar Ancelotti dalam jumpa pers.

Ancelotti pun menolak memberikan komentar tentang peluang Lionel Messi meraih penghargaan itu, meskipun dia memuji penyerang Barcelona tersebut. Menurutnya, Messi adalah pemain yang fantastis, tetapi dirinya tak ingin berbicara tentang apa yang Barcelona lakukan untuk Ballon d'Or.

Madrid pun mendukung apa yang dilakukan oleh Arbeloa, Coentrao dan Ancelotti. Secara keseluruhan, klub raksasa Liga Spanyol ini mengatakan bahwa Ballon d'Or adalah gelar personal tahunan, bukan kolektif, yang diberikan kepada pemain terbaik di dunia. Dengan demikian, Ronaldo layak mendapatkannya.

"Kami yakin Cristiano Ronaldo tak diragukan lagi menjalani tahun terbaik secara individu dan dia sudah merengkuh Liga Champions, Sepatu Emas dan rekor sebagai pencetak gol tertinggi dalam satu edisi Liga Champions, begitu juga di Copa del Rey dan penghargaan top scorer La Liga. Pada musim ini, dia sudah memenangi Piala Super Eropa, mencetak kedua gol di laga itu, dan menorehkan angka yang spektakuler karena mencetak 20 gol dalam 12 pertandingan pertama La Liga, yang mengonfirmasi bahwa dia dalam performa bagus sehingga pantas menerima Ballon d'Or."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam enam tahun terakhir, Ballon d'Or menjadi milik Messi dan Ronaldo. Messi memenanginya empat kali berturut-turut, sebelum Ronaldo, yang dau kali meraihnya, menghentikan dominasi penyerang Argentina itu pada tahun lalu.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Goal
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.