Kompas.com - 27/11/2014, 07:02 WIB
|
EditorTjatur Wiharyo
Laporan langsung wartawan Kompas.com Okky Herman DIlaga dari Hanoi, Vietnam

KOMPAS.com/ Okky Herman Dilaga Wartawan Kompas.com Okky Herman Dilaga.
KOMPAS.com - Pelatih tim nasional Filipina, Thomas Dooley, sukses membuat sejarah baru bagi timnya saat mengalahkan Indonesia 4-0, Selasa (25/11/2014). Untuk pertama kalinya, Filipina bisa menaklukkan Indonesia.

Filipina merupakan tim nasional pertama yang ditangani Dooley. Sebelumnya, Dooley pernah menangani klub Jerman, FC Saarbruecken (2002-2003) dan menjadi asisten pelatih timnas Amerika Serikat (2011).

Sosok Dooley sangat ramah dalam ajang AFF Suzuki Cup 2014. Tak jarang, para wartawan Indonesia banyak mewawancarainya selama berada di Hanoi. Pelatih berusia 52 tahun itu pun terlihat senang dan ramah menanggapi pertanyaan-pertanyaan dari para awak media asal Indonesia.

Berikut ini adalah wawancara Kompas.com dan sejumlah media lain dengan Dooley di Crowne Plaza Hotel, Hanoi:

Mengapa Anda banyak membawa pemain lokal, meski ada beberapa pemain Filipina yang tampil di luar negeri?
Sebenarnya, tidak banyak pemain timnas Filipina yang bermain di kompetisi tertinggi klub-klub Eropa dan Amerika Selatan yang bisa membuat kami lebih baik. Tidak ada kualitas yang terlalu jauh antara pemain lokal dengan naturalisasi Filipina. Jadi, kami percaya dengan mayoritas pemain dari kompetisi lokal.

Apakah Anda begitu percaya dengan para pemain lokal yang tampil di kompetisi Liga Filipina?
Seperti yang saya katakan, saat ini mengapa saya harus mendatangkan para pemain Filipina di luar negeri yang jarang bermain dengan biaya besar, padahal di Filipina ada Phil Younghusband, Martin Steuble, Manuel Ott, Patrick Reichelt, dan Daisuke Sato bermain di Liga Filipina yang bagus untuk mengembangkan kualitas para pemain muda lain.

Kami punya Sato yang merupakan pemain asli Filipina, juga ada Simone Rota. Hampir seluruh pemain belakang kami berasal dari Manila. Di posis gelandang, kami punya Ott dan Reichelt yang juga bermain di Filipina. Sebagian besar pemain Filipina sekarang adalah pemain lokal.

Filipina sering membuat gol dari situasi bola mati dan umpan-umpan silang. Apakah itu menjadi kekuatan utama Filipina saat ini?
Latihan yang kami lakukan adalah mengirim umpan sebanyak-banyaknya ke kotak penalti lawan. Tidak masalah bila banyak umpan silang yang mungkin bisa dihalau kiper lawan. Jika ingin mencetak gol, maka kalian harus membawa bola ke dekat kotak penalti lawan. Kami punya banyak pemain pintar. Itulah cara kami bermain

Bagaimana pendapat Anda mengenai Phil Younghusband?
Phil Younghusband merupakan salah satu pemain terbaik yang kami miliki.

KOMPAS.com / Okky Herman Dilaga Kapten tim nasional Filipina, Phil Younghusband.
Apakah Phil Younghusband pemain favorit Anda di skuad Filipina?
Pemain favorit saya adalah 22 pemain yang saat ini kami miliki. Saya meminta para pemain untuk menunjukkan performa bagus. Jika Anda tampil bagus, maka Anda akan bermain. Ini sebuah tekanan profesional yang dibebankan kepada pemain.

Apa target Filipina dalam ajang AFF Suzuki Cup 2014?
Semua tim ingin menjadi juara. Anda tahu mental dan kebiasaan para pemain Filipina. Jika kalah, bahkan mereka tetap senang. Namun, tidak semuanya setuju dengan kebiasaan itu dan ingin mengubahnya. Saya sendiri tidak bisa menjanjikan bisa membawa gelar juara. Namun, saya bisa memastikan bahwa skuad Filipina ingin melakukan yang terbaik. Kami ingin memberikan segalanya agar semua orang di Filipina senang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.