Kompas.com - 26/11/2014, 23:00 WIB
EditorAloysius Gonsaga AE
JAKARTA, Kompas.com - Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi meminta PSSI segera melakukan evaluasi diri, seiring dengan prestasi kurang maksimal Tim Nasional Indonesia, baik junior maupun senior.

Timnas Indonesia U-19 yang digadang-gandang mampu lolos ke Piala Dunia U-20 gagal total. Begitu juga dengan Timnas Senior yang kalah telak 0-4 dari Filipina pada Piala AFF 2014 di Hanoi, Vietnam, Selasa (25/11/2014), yang membuat peluangnya lolos ke semifinal AFF Suzuki Cup 2014 menjadi sangat tipis.

"Ini adalah momentum yang tepat bagi PSSI untuk melakukan evaluasi diri. Kita akan menunggu apakah mau berubah atau tidak," kata Imam usai melepas keberangkatan Maghrisa Regita Gagarin ke Kejuaraan Ice Skating Asia di Bangkok, Thailand di Kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu (26/11).

Selain evaluasi diri, kata dia, federasi sepak bola Indonesia juga harus instrospeksi diri atas fenomena yang terjadi saat ini. Menurut dia, saat ini banyak masukan dari masyarakat yang menginginkan kebangkitan sepak bola Indonesia.

"Jangan seenaknya sendiri. Yang jelas, kami terus mendapatkan desakan dari masyarakat. Hingga saat ini ada 10.000 mention yang saya terima," kata politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

Kekalahan Timnas Garuda dari Filipina merupakan hal yang cukup menyedihkan bagi pecinta sepak bola Indonesia. Betapa tidak, selama ini tim yang berjuluk The Azkals itu selalu mengalami kekalahan jika bertemu Timnas Indonesia.

Ditanya apakah Kemenpora akan melakukan tindakan tegas kepada PSSI, pengganti Roy Suryo itu belum memberikan pernyataan dengan tegas. Pihaknya masih akan menunggu hasil pertandingan terakhir fase grup melawan Laos, Jumat (28/11).

"Kita akan lihat dulu apakah PSSI akan melakukan evaluasi diri atau tidak. Untuk kebijakan lebih lanjut, kami terlebih dahulu akan melakukan koordinasi di internal kami," tambahnya.

Timnas Indonesia saat ini dalam kondisi kritis karena baru mengumpulkan satu poin dari dua pertandingan. Kemenangan melawan Laos merupakan harga mati meski belum tentu bisa membawa timnas menuju babak semifinal.

Jika ingin masuk babak selanjutnya, anak asuh Alfred Riedl harus mampu menang dengan banyak gol dengan catatan Vietnam harus kalah dari Filipina. Jika pertandingan Vietnam melawan Filipina berakhir seri maka pupus sudah langkah Timnas Garuda di Piala AFF 2014.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.