Kompas.com - 25/11/2014, 20:14 WIB
|
EditorOkky Herman Dilaga
Laporan langsung wartawan Kompas.com Okky Herman Dilaga dari Vietnam.

HANOI, KOMPAS.com - Pelatih tim nasional Indonesia, Alfred Riedl, memberikan saran agar sepak bola Indonesia bisa berkembang dengan baik. Menurut Riedl, ada beberapa hal yang perlu dibenahi dalam sepak bola Indonesia.

Kata-kata tersebut diucapkan Riedl usai Indonesia takluk 0-4 dari Filipina di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Selasa (25/11/2014). Jika tidak berhasil lolos dari Grup A AFF Suzuki 2014, Riedl akan mundur sebagai pelatih timnas Indonesia.

"Untuk meningkat sepak bola Indonesia, Anda harus membuat kompetisi liga yang lebih baik. Tak masalah harus menunggu 5-10 tahun mendatang," kata Riedl usai pertandingan.

"Indonesia memang punya timnas Indonesia U-19, tetapi Anda tidak bisa hanya mempunyai 15-16 pemain bagus. Indonesia butuh banyak pemain bagus, bukan hanya segitu. Jadi, Indonesia punya persiapan untuk masa depan."

"Selain itu, pemain jangan lagi takut melawan pemain dengan postur tinggi. Pemain jangan punya tingkah laku buruk. Saya sering lihat dalam pertandingan, biasanya pemain punya tingkah laku buruk terhadap wasit dan juga pemain lain."

"Saya tidak menyalahkan PSSI. Mereka sudah melakukan yang terbaik dan memberikan kami kesempatan. Namun, kami tidak pernah menjadi sebuah tim, karena kondisi pemain sudah terkuras habis di klub. Arema Cronus dan Persipura Jayapura contohnya punya agenda padat. Lalu, ada juga Asian Games. Inilah masalah kami sebenarnya," jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.