Kompas.com - 21/11/2014, 05:40 WIB
Allianz Arena. UEFAAllianz Arena.
EditorAloysius Gonsaga AE
BERLIN, Kompas.com - Bayern Muenchen akan mampu mendatangkan lebih banyak pemain bintang ke dalam timnya pada masa yang akan datang, setelah mereka melunasi utang sebesar 346 juta euro (sekitar Rp 5,285 triliun) untuk Allianz Arena. Pelunasan ini 16 tahun lebih cepat daripada yang dijadwalkan.

"Itu sudah lunas sepenuhnya," tulis chairman Bayern, Karl-Heinz Rummenigge, dalam majalan pertandingan sebelum pertandingan Bundesliga melawan Hoffenheim, Sabtu (22/11/2014).

"Kami telah mendanai stadion kami sepenuhnya dalam pengertian mandiri."

"Pada 2005, kami meminjam 346 juta euro dalam perencanaan 25 tahun yang berjalan sampai 2030."

"Sekarang kami telah melunasi stadion setelah sembilan setengah tahun. Saya sangat bangga akan hal itu."

Pelatih Pep Guardiola sekarang akan memiliki lebih banyak dana, ujar Rummenigge, yang menyebut angka sebesar 25 juta euro - jumlah dana yang diperlukan untuk mengaktifkan klausa pelepasan dalam kontrak Marco Reus di Borussia Dortmund.

"Pemasukan yang dihasilkan oleh Allianz Arena akan diinvestasikan untuk menambah kualitas tim di masa yang akan datang," tambah Rummenigge, yang telah mengatakan bahwa pemain sayap Jerman Reus merupakan target Bayern.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cepatnya pelunasan Allianz Arena dimungkinan oleh diperkenalkannya Allianz AG sebagai sponsor utama ketiga bagi klub, setelah produsen pakaian olahraga Adidas dan produsen mobil Audi, yang menyuntikkan dana 110 juta euro ke kas klub.

Bayern akan mengungkapkan keuangan mereka pada Pertemuan Umum Tahunan Klub pada 28 November, dan Rummenigge juga sedikit "mencuri" perhatian dari ketua keuangan klub Bavaria itu Jan-Christian Dreesen.

"Bukan rahasia bahwa kami memecahkan tanda ajaib yakni setengah juta miliar sepanjang musim 2013/2014," tulis Rummenigge.

"Keuntungan kami juga kembali meningkat dengan pesat."

Bayern siap mengumumkan angka keuntungan 16,5 juta euro dari omset 528 juta euro, dibandingkan angka tahun lalu yakni keuntungan 14 juta dari 432 juta euro.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber AFP
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.