Walikota Solo Terima Kekalahan Persis dari Borneo FC

Kompas.com - 21/11/2014, 00:30 WIB
KOMPAS.COM/ M Wismabrata FX.Hadi Rudyatmo, Walikota Solo.
SAMARINDA, KOMPAS.com - Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo, tetap mendukung perjuangan Persis Solo, meski gagal meraih kemenangan atas Pusamania Borneo FC (PBFC) dalam laga ulang babak delapan besar Grup P Divisi Utama Liga Indonesia, Kamis (20/11/2014). Hadi, yang hadir secara langsung di Stadion Segiri Samarinda, menerima kekalahan Persis.

Dalam laga tersebut, Persis tak berdaya menghadapi tuan rumah. PBFC menang 6-0 dan berhak melangkah ke semifinal.

"Kemenangan bukan sebuah tujuan, tetapi tujuannya adalah persahabatan. Ya sudah, kami harus mengakui kami kalah di Samarinda. Kami tidak akan ada persoalan apa-apa, dan Persis Solo sudah memberi permainan yang semangat," ujar Hadi usai laga.

Orang nomor satu di Solo ini pun tetap bersyukur karena pertandingan berjalan aman. Pasalnya kekhawatiran akan jalannya pertandingan, masih menghantui anak-anak Persis.

"Pertandingan berjalan aman dan nyaman, patut disyukuri. Baru tahu, ternyata yang punya (PBFC) pun teman saya sebetulnya," ungkap mantan Wakil Walikota Solo yang sempat mendampingi Joko Widodo, yang kini Presiden RI.

Disinggung masalah pengamanan jalannya pertandingan, Hadi mengatakan jika panpel berhasil melakukan pengamanan ekstra ketat. Bahkan ia sempat dilarang masuk ke stadion karena tak memiliki ID card.

"Sebenarnya pengamanan di sini maksimal. Saya kan di sini bukan sebagai walikota, tapi sebagai Ketua Umum Persis dan akhirnya saya bisa masuk. Sebetulnya saya disuruh ke atas, tapi saya tidak senang duduk di VIP. Saya maunya bergabung dengan masyarakat saja,” katanya.

Hadi mengakui jika Persis memang masih di level Divisi Utama. Dia menerangkan jika Persis tetap siap menjalani laga Divisi Utama untuk musim depan.

"Kami jalani saja. Sejauh ini memang sudah dari Solo ke sini maunya bertanding untuk menang. Kalau belum diizinkan oleh yang di Atas itu harus diterima dan di syukuri saja. Yang penting jalannya pertandingan dan penyelenggaraannya berjalan aman,” ujarnya.

Disinggung kekalahan yang diderita Persis, Hadi membenarkan soal mental anak buahnya yang melemah menghadapi PBFC. Dia mengatakan jika banyak kesalahan di babak pertama sehingga memudahkan pemain PBFC membuat dua gol di awal permainan.

“Memang pemain-pemain Persis lengah dan dua gol di babak pertama seharusnya tidak terjadi. Tapi ya mentalnya saya tidak ngerti, tapi tetap semangat,” tambahnya.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorAloysius Gonsaga AE
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X