Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengorbanan Cristian Gonzales untuk Indonesia

Kompas.com - 20/11/2014, 12:53 WIB
Okky Herman Dilaga

Penulis

KOMPAS.com -Meski sama sekali tidak memiliki darah Indonesia, penyerang timnas, Cristian Gonzales, rela berkorban demi Merah Putih di Piala AFF 2014. Penyerang Arema Indonesia itu bahkan melewatkan salah satu momen menyedihkan dalam hidupnya demi memperkuat timnas.

Menjelang putaran final Piala AFF 2014, Cristian Gonzales menjadi bahan ejekan di akun Facebook AFF. Melalui tulisannya, seseorang menyebut El Loco tidak memiliki darah Indonesia. Ada juga Remar Suh-ho Vidad yang membandingkan Cristian dengan pemain timnas Filipina, Phil Younghusband. Menurut dia, meski Younghusband pemain naturalisasi, dia masih memiliki darah Filipina.

“Kalau ada yang meledek, kita justru bersyukur karena berarti ada yang memperhatikan Cristian. Memang dia tidak memiliki darah Indonesia, tapi harus jadi panutan,” ujar istri Cristian, Eva Gonzales, Kamis (20/11/2014).

Eva menuturkan, sikap Cristian yang harus dijadikan panutan adalah profesionalismenya demi membela tim Merah Putih pada Piala AFF 2014. Demi Indonesia, El Loco tidak pulang ke Uruguay untuk mendampingi ayahnya yang sakit kritis hingga akhir hayatnya, beberapa hari lalu.

“Cristian justru mengabdi untuk Indonesia. Dia sangat mencintai Indonesia. Saat detik-detik terakhir, meski papanya tidak bisa bicara, beliau meminta Cristian untuk mengharumkan nama Indonesia di Piala AFF,” papar Eva yang berencana menyusul Cristian ke Vietnam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com