Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/11/2014, 18:35 WIB
EditorAloysius Gonsaga AE
KOMPAS.com - Legenda sepak bola Belanda, Marco van Basten, memberikan komentar mengenai trisula maut Barcelona, Neymar, Lionel Messi dan Luis Suarez. Menurutnya, tiga penyerang Azulgrana itu bisa membuat perbedaan di lapangan.

Mantan striker Ajax dan AC Milan itu baru saja melepaskan jabatannya sebagai pelatih kepala AZ Alkmaar untuk menjadi asisten pelatih klub itu, menyatakan alasan yang berhubungan dengan tekanan, dan dalam sebuah wawancara dengan Globosporte, diminta pendapatnya tentang trio Barca itu.

"Neymar merupakan pemain hebat dan pertama kali saya menaruh perhatian kepadanya, saya ingin melihat dia bermain setelah semua pembicaraan. Di Piala Dunia, dia meyakinkan saya," ujar pria berusia 50 tahun tersebut.

"Sayang, dia cedera. Tetapi saya sudah melihat dan cukup meyakinkan saya bahwa dia bisa membuat sejumlah momen hebat dan dia pesepak bola yang fantastis."

"Jika sebuah tim memiliki serangan bersamanya, Messi dan Suarez, maka pelatih hanya harus bertahan karena mereka akan selalu mencetak gol."

"Meskipun sangat mudah mengatakannya, tentu saja secara normal seperti itu karena mereka bertiga bisa membuat perbedaan di lapangan."

Soal Suarez, Van Basten sudah mengenalnya dengan sangat baik karena pernah bersamanya di Ajax selama musim 2008/09. Dia pun berbicara tentang kasus kontroversial gigitan Suarez kepada Giorgio Chiellini di Piala Dunia, yang membuatnya dihukum tak boleh bermain selama empat bulan.

"Saya pikir dia memahami dia tak melakukan hal yang baik dalam insiden dengan Chiellini dan saya tak yakin dia akan mengulanginya. Tetapi menurutku, pemain yang menekel lawan hingga kaki patah lebih buruk dari mereka yang menggigit," ujarnya.

"Tentu saja, itu tidak akan pernah terjadi tetapi kerusakan yang terjadi jauh lebih kurang, meskipun saya rasa Suarez harus mulai bertindak profesional sekarang dan menjadi seorang olahragawan sejati," tambah Van Basten.

Peraih tiga gelar Ballon d'Or ini pun diminta pandangannya mengenai siapa pemain terbaik di dunia, Messi atau Cristiano Ronaldo. Dia mengaku lebih senang Messi karena striker mungil asal Argentina itu lebih alami dan penuh bakat.

"Tetapi Ronaldo juga menakjubkan karena mencetak banyak gol dan membuat perbedaan di setiap laga yang dia bermain," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+