Kompas.com - 25/10/2014, 09:28 WIB
Raul Gonzales merayakan golnya saat membela Real Madrid di ajang Trofeo Santiago Bernabeu , Kamis atau Jumat (23/8/2013). Laga ini sekaligus penghormatan bagi Raul. AFP PHOTO / PEDRO ARMESTRERaul Gonzales merayakan golnya saat membela Real Madrid di ajang Trofeo Santiago Bernabeu , Kamis atau Jumat (23/8/2013). Laga ini sekaligus penghormatan bagi Raul.
|
EditorTjatur Wiharyo
KOMPAS.com - Sebagai dua klub terbesar di Spanyol, Barcelona dan Real Madrid memiliki dua akademi yang kerap menelurkan bibit-bibit pesepak bola andal.

Telah banyak pemain lahir dari proses pelatihan akademi di Barcelona maupun Madrid. Kedua klub tersebut cukup sadar bahwa kesuksesan bisa datang dari pembinaan pemain muda yang berkualitas.

Berikut ini adalah profil singkat akademi Barcelona dan Madrid:

Akademi Real Madrid

Dari segi popularitas, akademi Real Madrid memang tak setenar milik Barcelona. Jika Barcelona bisa membanggakan La Masia, maka Madrid juga punya akademi bernama La Fabrica atau dalam bahasa Inggris berarti The Factory (pabrik).

Pabrik yang dimaksud jelas bukan dalam arti yang sebenarnya, yakni sebuah bangunan untuk membangun barang dalam jumlah besar. La Fabrica versi Madrid berarti sebuah bangunan tempat memproduksi pemain-pemain berkualitas.

Dok. Expansion Ciudad Real Madrid.
La Fabrica mulai diperkenalkan pada periode 1950-an saat Madrid masih dipimpin oleh Presiden Santiago Bernabeu Yeste. Sang presiden memercayai Miguel Malbo yang diberi jabatan Direktur La Fabrica untuk mengembangkan akademi milik Madrid.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Malbo sukses menjalankan tugas tersebut dengan baik. Tercatat, Malbo dipercaya memimpin La Fabrica lebih dari 50 tahun!

"Pada hari ini, Malbo merupakan salah satu orang paling berjasa untuk Real Madrid, terutama pengembangan pemain muda (cantera)," kata legenda Madrid, Isidoro San Jose.

La Fabrica sukses meroketkan pemain-pemain besar pada masa lalu seperti Emilio Butrogueno, Chendo, Manolo Sanchis, Miguel Pardeza, ataupun Sebastian Losada. Pada sepak bola modern, nama-nama seperti Raul Gonzalez, Juan Mata, Alvaro Negredo, Roberto Soldado, maupun Iker Casillas merupakan alumnus La Fabrica.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.