Kompas.com - 21/10/2014, 21:34 WIB
Gelandang tim nasional Indonesia U-19, Muhammad Hargianto, berusaha mengontrol bola dalam pemusatan latihan yang digelar di lapangan Hotel Kusuma Agrowisata, Batu, Jawa Timur, Sabtu (9/11/2013) pagi.  Ferril DennysGelandang tim nasional Indonesia U-19, Muhammad Hargianto, berusaha mengontrol bola dalam pemusatan latihan yang digelar di lapangan Hotel Kusuma Agrowisata, Batu, Jawa Timur, Sabtu (9/11/2013) pagi.
EditorAloysius Gonsaga AE
JAKARTA, Kompas.com - Persija Jakarta tidak menggunakan kesempatan untuk memboyong dua pilar Tim Nasional Indonesia U-19 yang sebelumnya menyatakan niat bergabung di tim Ibukota. Kini kedua pemain potensial itu justru resmi dipinang Persebaya Surabaya.

Mereka adalah I Putu Gede Juni Antara dan Muhammad Hargianto. Keduanya telah menyetujui tawaran dari manajemen Bajul Ijo dengan durasi kontrak empat tahun ke depan.

Putu mengaku harus menunda mimpinya untuk berkostum Macan Kemayoran. Sebab, tim idolanya sejak kecil, Persija, tidak meliriknya usai menuntaskan kewajiban membela tim Garuda Jaya di babak penyisihan Piala Asia U-19 medio Oktober.

"Mungkin belum rezekinya di Persija. Soalnya Persebaya dari jauh-jauh hari sudah berkomunikasi dengan saya. Dijalani dulu untuk belajar di kompetisi profesional, mungkin suatu saat bisa bela tim idola saya Persija," kata Putu yang dihubungi Harian Super Ball.

Meski masih belia, tetapi penampilan gemilang Putu di sektor bek sayap kanan cukup menarik perhatian. Mestinya, pemain kelahiran Denpasar 19 tahun silam itu bisa menjadi pengganti alternatif bek gaek Persija, Ismed Sofyan.

Senada dengan Putu, gelandang bertahan Hargianto juga memilih untuk menimba pengalaman di kompetisi tertinggi Tanah Air bersama Persebaya lantaran tidak dilirik Persija.

"Dari kecil sih memang penginnya main untuk Persija. Tapi kemarin tidak ada tawaran dan justru dihubungi Persebaya, jadi ambil rezeki di depan mata dulu," ujar Hargianto.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hargianto memiliki peran vital di skuad asuhan Indra Sjafri. Perannya sebagai poros ganda bersama Zulfiandi sering kali sukses meredam serangan lawan.

Pemilik nomor punggung delapan di tim Garuda Jaya ini mestinya bisa dimanfaatkan untuk mengisi sektor tengah Persija yang labil pada musim 2014. Namun, kini peluang tersebut sirna lantaran tidak ada minat dari manajemen tim kebanggan The Jakmania.

Putu dan Hargianto termasuk dalam daftar tujuh pemain Indonesia U-19 yang ditampung Persebaya. Ketidakjelian manajemen Persija bisa menjadi penyesalan di kemudian hari jika dua jebolan Diklat Ragunan, Jakarta, itu makin mengilap di kemudian hari.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.