Kompas.com - 11/10/2014, 03:43 WIB
|
EditorTjatur Wiharyo
AMSTERDAM, KOMPAS.com - Belanda meraih kemenangan 3-1 atas Kazakhstan pada laga Kualifikasi Piala Eropa 2016 Grup A di Amsterdam ArenA, Amsterdam, Jumat (10/10/2014). Dalam laga itu, Belanda sempat tertinggal lebih dahulu pada babak pertama.

Meski menang, Belanda masih berada di posisi ketiga dengan tiga poin dari dua laga. Dua posisi teratas ditempati Islandia dan Ceko dengan masing-masing mengumpulkan enam poin.

Belanda sempat dikejutkan lewat gol cepat Kazakhstan pada menit ke-17. Berawal dari sepak pojok Andrei Karpovich, Renat Abdulin memenangi duel udara dan sukses membobol gawang Belanda.

Setelah tertinggal, Belanda mencoba melakukan serangan secara intensif ke pertahanan Kazakhstan. Namun, peluang-peluang yang didapat Robin van Persie dkk kerap gagal yang membuat laga babak pertama berakhir 1-0 untuk keunggulan tim tamu.

Sadar butuh kemenangan, pelatih Guus Hiddink memasukkan Klaas-Jan Huntelaar untuk menambah daya gedor pada babak kedua. Huntelaar menggantikan Nigel de Jong pada menit ke-56.

Masukkan Huntelaar terbukti membuahkan hasil positif. Pada menit ke-62, Huntelaar berhasil menyamakan kedudukan 1-1 usai memaksimalkan umpan silang Ibrahim Afellay.

Kazakhstan semakin tertekan dua menit kemudian. Baurzhan Dzholchiev harus menerima kartu merah langsung karena melanggar Afellay dari belakang. Kekurangan satu pemain membuat Kazakhstan lebih banyak bertahan di daerah sendiri.

Setelah susah payah menjaga gawang dari kebobolan, lini belakang Kazakhstan pun menyerah pada menit ke-82. Sebuah sepakan keras Afellay dari luar kotak penalti bersarang ke gawang tim tamu tanpa bisa dihentikan kiper Aleksandr Mokin.

Perjuangan Kazakhstan berakhir pada menit ke-89 saat Belanda mendapatkan hadiah penalti. Van Persie yang menjadi algojo sukses menjalankan tugasnya dengan baik. Belanda pun menutup kemenangan 3-1 atas Kazakhstan.

Susunan pemain

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.