Kompas.com - 10/10/2014, 15:33 WIB
Para pemain Tim Nasional Indonesia U-19 melakukan pemanasan sebelum pertandingan uji coba melawan Valencia B di Ciudad Deportivo de Paterna Valencia, Kamis (18/9/2014) malam. NINE SPORTPara pemain Tim Nasional Indonesia U-19 melakukan pemanasan sebelum pertandingan uji coba melawan Valencia B di Ciudad Deportivo de Paterna Valencia, Kamis (18/9/2014) malam.
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Sebetulnya, cuma dua syarat kemanangan tim nasional (timnas) Indonesia U-19 saat menghadapi Uzbekistan sore ini, Jumat (10/10/2014) pada Piala Asia U-19 di Stadion Thuwunna, Yangon, Myanmar.

Menurut mantan penggawa Persija Jakarta era 2000-an, Vennard Hutabarat, Indonesia mesti memainkan strategi bola-bola pendek dengan cepat. "Ini kan karakter sepak bola Indonesia,"kata Vennard  di sela-sela konferensi pers Kejuaraan Futsal Junior McDonald's 2014 yang Keempat di Jakarta, Jumat (10/10/2014).

Vennard yang pernah menyaksikan gaya permainan tim Uzbekistan mengatakan, secara postur tubuh, pemain-pemain negara bekas pecahan Uni Soviet itu lebih tinggi ketimbang pemain Indonesia. "Biar bagaimanapun, mereka kan orang Eropa. Mereka pun sangat rapi dan disiplin dalam menyerang dan bertahan," tutur pria yang kini memunyai dan membina akademi futsal tersebut.

Bagi Vennard, kemudian, tim Indonesia tidak perlu bermain bola-bola panjang memainkan taktik kick and rush. "Taktik seperti itu akan menguras tenaga," katanya menekankan.

Tak lupa, Vennard pun mengingatkan agar Evan Dimas dan kawan-kawan tetap menjaga konsistensi ritme permainan.

Sementara, ihwal konsistensi tadi, Direktur Pemasaran dan Komunikasi McDonald's Indonesia Michael Hartono mengatakan timnas berjulukan Garuda Jaya itu harus menjaga hal tersebut. "Itu yang saya lihat harus dilakukan oleh timnas Indonesia," demikian Michael Hartono.

 

Josephus Primus Direktur Pemasaran dan Komunikasi McDonald's Indonesia Michael Hartono.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X